Final Kebahagiaan Rang Minang di GBK


Sabtu, 23 Januari 2016 - 04:13:04 WIB

Urang Minang seantro Nusantara tengah berbahagia. Pasalnya PS Semen Padang, tim kebanggaan masyarakat Minang akan berlaga di Final Indonesian Championship Jenderal Sudir­man Cup (IC-JSC) yang menghadapi Mitra Kukar, Minggu (24/1) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Jika didata bisa jadi jumlah orang Mi­nang yang paling ramai menonton pertan­dingan sepakbola di SUGBK, Jakar­ta adalah pada Minggu besok. Pasalnya dari Sumatera Barat sendiri ribuan orang menonton secara lang­sung  di SUGBK. Mereka telah berangkat sejak beberapa hari yang lalu. Ada yang berangkat dengan pesawat, bus dan bahkan dengan truk. Hingga hari ini masih banyak rombongan yang akan berangkat dari Padang menuju Jakarta guna menyaksikan tim racikan Nil Maizar secara langsung.

Untuk suporter setia dilepas langsung oleh Walikota Padang Mahyeldi Ansha­rullah, Kamis (21/1) di Pendopo Ke­diaman Wa­likota Padang, Jl. Ahmad Yani Padang. Dua unit bus pariwisata me­ngantarkan dua tim suporter setia kese­belasan Semen Pa­dang FC (SPFC) ke SUGBK Jakarta. Dua bus berisikan suporter The Kmer’s dan Spar­tack’s itu dilepas Walikota Padang oleh Wa­likota Mahyeldi. Suporter akan mem­be­ri­kan dukungan penuh kepada SPFC pa­da laga final Piala Jenderal Sudirman (PJS).

Ribuan perantau Minang dari berbagai provinsi di Tanah Air, seperti Riau, Kepri, Sumut, Jambi, Sumsel, Lampung, Banten, Jawa Barang, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Selatan, Malaysia, Singapura dan lainnya juga akan menonton secara langsung dengan datang ke Ibukota Indonesia, Jakarta untuk memberikan semangat dan motivasi ke­pada PS Semen Padang. Sedangkan dari DKI Jakarta juga ribuan orang Minang  di sana yang akan memberikan atmosfer berbeda di SUGBK.

Sepakbola atau khususnya per­tan­dingan fi­nal antara PS Semen Padang Vs Mitra Ku­kar telah mampu mempersatukan sema­ngat, komunikasi serta emosional orang Mi­nang, baik yang ada di Sumbar atau pun di rantau. Keretakan hubungan di Pilkada ka­re­na dukungan terhadap calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Calon Walikota/Wa­kil Walikota, Calon Bupati/Wakil Bupati yang berbeda  antara satu dengan lainnya.

Masyarakat Minang juga merasa terpang­gil untuk datang menonton langsung di SUGBK, karena masing-masing pelatih, yakni Nil Maizar (pelatih PS Semen Padang) dan  Jafri Sastra (pelatih Mitra Kukar) sama-sama berasal dari Sumatera Barat, atau tepatnya Kota Payakumbuh. Merekalah yang akan beradu strategi guna membuktikan siapa yang terbaik di antara keduanya.

Keberadaan kedua pelatih  itu tentunya juga turut mengharumkan nama Sumatera Barat. Hal itu juga mengkonfirmasi bahwa Sumatera Barat merupakan daerah yang kaya potensi atlet dan pelatih sepakbola. Kita amat yakin, pertandingan akan ber­lang­sung seru dan menarik untuk ditonton, baik secara langsung di SUGBK atau pun di depan layar kaca. Mudah-mudahan juga kedua tim dapat men­junjung tinggi spor­tifitas. Ini adalah kabar gembira sepakbola di bawah jatuhnya sanksi  FIFA untuk PSSI dan dunia sepakbola Indo­nesia. Semoga pula masa suram sepakbola Indonesia se­gera berakhir. **

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]