Di Kecamatan V Koto Kampung Dalam

Warga Dukung Penertiban Galian C


Sabtu, 23 Januari 2016 - 04:15:54 WIB

PADANG PARIAMAN, HALUAN —  Masyarakat Kecamatan V Koto Kampung Dalam, sangat mendukung penertiban galian C oleh tim Terpadu Satuan Koordinasi Keamanan Ketertiban Kabupaten (SK4) Padang Pariaman di aliran Sungai Batang Naras, Nagari Campago.

Penertiban yang telah dilakukan beberapa hari lalu berhasil mengamankan tiga unit mesin dompeng (mesin penghisap).

Dukungan tersebut di­sam­pai­kan beberapa tokoh masya­rakat V koto Kam­pung Da­lam, pada Haluan baru baru ini, sehubungan pener­tipan tersebut. Bujang salah seorang warga nagari Sikucur Keca­matan V Koto Kam­pung Da­lam berharap, agar penertipan tersebut terus dilakukan pada pe­la­ku galian C yang meng­gunakan dom­peng.

Karena akibat tambang ilegal tersebut telah mulai merusak bangunan nor­ma­lisasi yang ada di daerah hulu sungai. “Sebaiknya dompeng yang telah dia­mankan itu, tidak dikem­balikan lagi,” terangnya.

Menurutnya, bahwa pe­nertipan itu telah berkali-kali dilakukan oleh tim, tapi setelah membuat per­nya­taan mesin dompengnya kembali dipulangkan pada pemiliknya. “Saya yakin, kalau tidak diberi tindakan jera, maka aktivitas itu akan kembali berjalan,” katanya.

Bujang menilai, aktivitas tambang galian C dengan dompeng itu, lebih banyak mudaratnya dibanding man­faatnya. “Memang dengan aktifitas tambang tersebut, banyak membuka lapangan kerja, tapi dampaknya sa­ngat besar terhadap nor­malisasi sungai,” katanya.

Dampaknya bukan saja pada sekitar daerah tambang di Nagari Campago, tapi juga berdampak pada daerah hulu sungai yang ada di Nagari Sikucur.

Dukungan itu juga di­sampaikan Pudin salah seo­rang tokoh masyarakat Na­gari Campago. Menurutnya, larangan galian C dengan dompeng tersebut telah ber­ulang-ulang dilakukan oleh aparat pemerintah nagari. Tapi tidak pernah diin­dahkan. Untuk itu dia ber­harap agar tim SK 4 betul-betul menutup aktivitas tambang itu. (h/ded)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]