Rp23,5 Triliun Aset Pemprov Harus Diselamatkan


Sabtu, 23 Januari 2016 - 04:16:41 WIB

PEKANBARU, HALUAN—Pemerintah Provinsi Riau, terus berusaha untuk meng­amankan aset-aset milik Pemprov Riau, yang sampai saat ini belum diselamatkan. Tidak tanggung-tanggung aset Pemprov Riau mencapai nilai Rp23,5 triliun.

Aset-aset yang belum diamankan ter­sebut berupa, rumah dinas, kantor, ken­daraan, jalan, bangunan dan tanah. Dari data sementara tercatat yang paling banyak aset milik Pemprov ini masih berada ditangan mantan pejabat, pegawai yang telah pensiun, keluarga pegawai serta keluarga.

Asisten II Setdaprov Riau, Masperi, mengatakan, aset senilai Rp23,5 triliun tersebut sedang didata dan akan dise­lesaikan hingga akhir tahun 2016 ini. Untuk mencapai nilai tersebut Pemprov meng­inventarisir semua aset yang sesuai dengan data dari BPK.

“Menurut hasil dari audit BPK tahun 2015 ada sebanyak Rp23,5 triliun aset kita yang belum terdata. Harus kita selamatkan semua aset kita itu,” ujar Masperi, Kamis (21/1).

Dijelaskan Masperi, bagi mantan peja­bat, pensiunan dan keluarga pejabat harus mengembalikan semua aset yang sudah tidak menjadi haknya. Termasuk rumah yang sudah habis masa pakai, jalan-jalan yang menjadi jalan Provinsi juga masuk dalam aset Provinsi, yang harus didata kembali dari seluruh Kabupaten Kota.

“Sekarang ini kita menghimbau kepada mereka untuk mengembalikan semua aset. Jika tidak juga maka akan ada proses hukumnya. Sesuai dengan penataan ases harus berbasiskan akrual,” tegas Masperi.

Sementara itu, Plt Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, menegaskan bahwa seluruh aset yang ada harus di inventarisir dan segera dilaporkan. (nur)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]