Joko Anwar Soal Perfilman Indonesia

“Kita Butuh Investor Asing”


Sabtu, 23 Januari 2016 - 04:18:23 WIB
“Kita Butuh Investor Asing”

Geliat industri film Ta­nah Air terus mem­per­lihat­kan perkembangan yang menggembirakan. Karya film sineas Indonesia bah­kan tak hanya eksis di negeri sendiri. Beberapa di­anta­ranya, bahkan unjuk gigi di ajang internasional.

Meski begitu tak berarti produksi karya layar lebar tak memiliki hambatan. Secara teknis perfilman Indonesia dinilai masih punya serangkaian peker­jaan rumah. Dan hal itu yang disorot oleh Joko Anwar.

Bagi sutradara terbaik FFI 2015 itu, salah satu per­masalahan di industri film Indonesia yang masih me­mer­lukan solusi di­anta­ra­nya soal produksi dan dis­tri­busi. Ada hal yang tak bi­sa di­ingkari bahwa film In­do­nesia belum banyak di­mi­na­ti oleh masyarakat sen­di­ri.

Salah satu alasannya adalah anggapan lama bah­wa film Indonesia dipro­duksi tak sebagus film-film Amerika dan Eropa. Oleh karena itu, Joko termasuk yang setuju dengan adanya wacana untuk mengundang investor asing ke dalam industri film di Tanah Air.

“Saya setuju karena ka­lau kita lihat industri per­filman, adanya investor asing di perfilman Indo­nesia pastinya mereka akan memberikan kelengkapan berupa pendampingan tek­nis. Sehingga nanti mereka memilih proyek melalui saringan dulu. Sehingga yang dihasilkan akan lebih baik,” ujar sutradara ‘A Copy of My Mind’ tersebut.

Dari produksi tentu ta­hap selanjutnya yakni pro­ses distribusi. Dan hal itu juga yang diperhatikan oleh Joko. Hingga kini distribusi film tak di jalurnya. Ter­masuk jumlah layar bioskop yang masih sedikit.

Hadirnya investor asing diyakini Joko akan mem­buat perfilman Tanah Air semakin dikenal terutama bagi publik sendiri.

“Karena layar dikit ming­gu depannya ada film baru lagi jadi harus turun. Jadi kayak mau jualan tapi toko sedikit. Kalau investasi asing dibuka untuk bioskop nanti akan banyak peru­sahaan asing yang bikin bioskop di Indonesia. Dan ini bagus bantu perfilman kita,”paparnya. (*)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]