Toko Lotus Jual Berbagai Macam Pernak Pernik Imlek


Sabtu, 23 Januari 2016 - 04:27:39 WIB
Toko Lotus Jual Berbagai Macam Pernak Pernik Imlek Pengunjung sedang memilih berbagaimacam pernak pernik Imlek yang diwarkan oleh Toko Lotus yang terletak di Jl. Pulau Karam, No 121, Pondok, Padang. (BAYU AGUNG PERDANA)

PADANG, HALUAN — Ma­sya­rakat Tionghoa di Pa­dang mulai mencari pernak pernik dan alat sembahyang yang akan digunakan untuk me­nyambut tahun baru Im­lek yang jatuh pada tangal 8 Fe­bruari nanti.

Pernak penik imlek serta perlengkapan sembahyang adalah perlengkapan wajib yang banyak dicari oleh ma­syarakat yang akan mera­yakan Imlek. Pedagang per­nak per­nik serta perleng­kapan sem­bahyang mena­warkan ber­bagaimacam pili­han jenis, serta kualitas bagi para kon­su­men.

Salah satu tempat yang menawarkan pernak pernik imlek dan alat sembahyang adalah Toko Lotus di Jl. Pulau Karam Nomor 121, kawasan Pondok, Kota Pa­dang. Toko ini sudah ber­jualan pernak pernik Imlek dan perleng­kapan sembah­yang sejak 8 tahun yang lalu. Saat ini, Toko Lotus mena­warkan berbagai macam pernak pernik Imlek seperti lampion, pajangan, angpao, berbagai jenis gan­tu­ngan bertema imlek, dan tem­­pelan-tempelan khas Im­lek. 

“Pernak pernik yang ka­mi jual di sini terdiri dari berbagai macam pilihan. Pernak pernik ini kami pa­tok dengan harga yang ber­variasi, mulai dari Rp5.000 sampai Rp900.000. Pada imlek kali ini, pernak pernik Imlek yang paling laku ada­lah pernak pernik yang ber­tema monyet, karena ta­hun ini adalah tahun monyet,” tutur Heri, pemilik Toko Lo­tus ketika ditemui Ha­luan, Jumat (22/1).

Sementara perleng­ka­pan sembahyang seperti hio, yen­pao, tua hio, dan lain-lain, kata Heri, harganya tergan­tung kualitas, yaitu mulai dari Rp1.000 sampai Rp300.000.

Ia mendatangkan per­nak pernik dan perleng­ka­pan sem­bahyang yang di­jualnya dari Medan dan Jakarta. Kon­sumen yang membeli barang-barang ter­se­but biasanya da­tang dari wilayah Sumatera Barat. Te­tapi ada juga yang memesan dari provinsi tetang­ga se­perti Riau.

Meski banyak masya­ra­kat Tionghoa yang mencari per­nak pernik dan perleng­kapan sembahyang tersebut men­jelang Imlek tahun ini, namun penjualan pernak pernik Im­lek pada tahun ini mengalami penurunan. Seti­daknya itulah yang dialami oleh Heri.

“Ppada tahun ini, terjadi penurunan penjualan seki­tar 50 persen di toko saya. Saya pikir hal ini disebabkan kare­na sulitnya pere­ko­no­mian beberapa waktu ter­akhir, se­hing­ga berimbas juga kepada turunnya daya beli masya­rakat. Mudah-mudahan se­ming­gu men­jelang Imlek nan­ti daya beli masyrakat akan lebih ting­gi,” imbuhnya.

berbeda dengan tahun lalu, penjualan pada tahun ini turun dibandingkan ta­hun yang lalu. (h/mg-bay)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]