DPRD Kota Bukittinggi

Pemko Diminta Data Ulang TRTB


Sabtu, 23 Januari 2016 - 04:29:58 WIB

BUKITTINGGI, HALUAN — DPRD Kota Bukittinggi minta pemerintah setempat untuk segera mendata ulang bangunan milik warga yang melanggar Tata Ruang dan Tata Bangunan (TRTB), terutama di kawasan yang berpotensi banjir.

“Bangunan yang melang­gar tata ruang seperti rumah yang dibangun di atas saluran air, perlu didata kembali status keberadaan kepe­mi­likan dan Izin Mendirikan Bangunan (IMB),” kata Ke­tua Komisi III DPRD Bu­kittinggi, Rusdy Nurman di Bukittinggi, Jumat (22/1).

Dikatakannya, pen­da­taa­n­ulang bangunan milik warga ini akan membantu peme­rintah setempat untuk men­carikan solusi menanggulangi banjir yang sering terjadi pada saat curah hujan tinggi.

Bila pemerintah telah me­nye­diakan solusi, sementara warga tidak mengindahkan, lanjutnya, maka resiko banjir akan terus menjadi ancaman.

“Kita berharap warga bisa belajar dari pengalaman se­belumnya, agar selalu men­jaga lingkungan. Misalnya dengan tidak membangun di atas saluran air serta tidak membuang sampah sem­ba­rangan,” lanjutnya.

Ia menambahkan, pihak­nya akan terus mendukung usaha pemko dalam men­ciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman. Salah satunya dalam bentuk pe­nyediaan anggaran untuk revitalisasi saluran-saluran air yang telah terganggu.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Ben­cana Daerah (BPBD) setem­pat, Daspul mengin­for­ma­sikan, sebanyak empat lokasi di wilayah tersebut rawan banjir.

“Banjir mulai mengancam terutama saat curah hujan de­ngan intensitas tinggi mela­nda daerah itu, seperti daerah Pulai Anak Aia, Pakan Kurai, Pintu Kabun dan Jirek,” ujar­nya.

Dari empat daerah ini, sebut Dasrul, daerah Pulai Anak Aia yang merupakan lokasi rawan terkena banjir. “Sepanjang 2015, daerah ter­sebut sudah beberapa kali dilanda banjir,” katanya.

Meski curah hujan ren­dah, ia melanjutkan, kelu­rahan tersebut tetap dilanda banjir karena lokasinya yang berada di wilayah yang lebih rendah. Di samping itu, drainase juga menjadi pemicu seringnya terjadi banjir di sana. (h/wan)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]