Kambang Barat dan Kambang Utara Butuh Jembatan


Sabtu, 23 Januari 2016 - 04:31:10 WIB

KAMBANG, HALUAN — War­ga dua kampung dari nagari berbeda butuh jembatan peng­hubung. Kampung tersebut adalah Tebing Tinggi Nagari Kambang Barat dengan Kam­pung Padang Panjang II Nagari Kambang Utara, Kecamatan Lengayang,  keduanya dipisah Batang Lengayang.

Tokoh masyarakat Kam­bang Barat Yusrizal men­ye­butkan, jembatan penghubung Kambang Barat dan Kambang Utara sebetulnya sudah jadi kebutuhan warga dua nagari. Pada setiap Musrenbang, usu­lan pembangunan jembatan ini selalu dibahas.

“Usulannya sudah masuk pula di RPJM nagari. Namun belum juga didanai. Untuk keperluan tertentu warga ter­paksa menyeberang sungai Batang Lengayang,” katanya Jumat (22/1).

Terpantau Haluan di la­pangan, Rusdi (30) warga Ka­m­pung Tebing Tinggi Nagari Kambang Utara, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan beserta beberapa orang lainnya sedang mematut - matut arus Batang Kambang dari tebing sungai. Ditempatnya berdiri hasil panen berupa tandan buah segar sawit (TBS) telah teronggok pasca dipanen dari kebunnya di Kampung Padang Panjang II Nagari Kambang Utara.

Ia hendak menyeberangi sungai itu. Kemudian setelah merasa siap, Rusdi dan rekan­nya memutuskan untuk men­ye­berangi Batang Kambang yang terbilang dalam itu demi mengangkut sawitnya. Jika hal itu tidak dilakukan alamat akan mengalami kerugian be­sar baginya.

Benen itu pada bagian atas­nya di taruh beberapa helai potongan papan. Diatas papan itulah TBS diletakkan untuk selanjutnya dengan cara men­dorong sambil berenang me­ngang­kut hasil panennya ke pinggir sungai di Kampung Tebing Tinggi. Melihat gerak gerinya, Rusdi tampaknya sudah terbiasa melakukan hal itu.

Padang Panjang II dan Tebing Tinggi adalah dua kam­pung yang sesungguhnya ber­dekatan, namun karena di­pisah­kan sungai maka seolah oleh jarak keduanya terasa “jauh”. Tidak ada jembatan yang menghubungkan kedua­nya, akan tetapi sejumlah warga di Kambang Barat dan Kam­bang Utara selalu men­ye­be­rangi sungai itu untuk berbagai keperluan.

Tempat dimana Rusdi me­la­kukan aktivitas pengangkutan hasil kebunnya, juga menjadi jalur penganguktan berbagai kebutuhan warga lainnya. Se­bagian warga di kedua nagari selalu menantang maut untuk dapat menyeberang. Bahkan pada lokasi tempat pen­ye­berangan itu sejumlah warga menjadi korban derasnya arus Batang Kambang.

“Yah, tidak ada pilihan lain. Kami harus memaksakan diri menyeberang sungai setiap kali ada keperluan, misalnya mengangkut hasil pertanian dan perkebunan, pergi kenduri hingga keperluan keluarga yang juga banyak menyebar di kampung sebelah. Jadi tidak hanya saya yang melakukan hal ini, sejumlah warga lainnya juga melakukan hal yang sama,” kata Rusdi.

Bakhtiar Effendi tokoh perantau menyebutkan, ia se­sungguhnya prihatin dengan kondisi masyarakat yang saban hari menantang maut di Batang Kambang. Tapi apa boleh buat sarana penyeberangan belum ada. (h/har)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 29 Januari 2019 - 13:50:37 WIB

    Terbentur Hutan Lindung, Jalan Kambang-Muara Labuh Masuk RTRW

    Terbentur Hutan Lindung, Jalan Kambang-Muara Labuh Masuk RTRW PADANG, HARIANHALUAN.COM — Upaya pembangunan Jalan Kambang (Pesisir Selatan)-Muara Labuh (Solok Selatan) terbentur status lahan yang termasuk dalam kawasan hutan lindung. Karena kebutuhan jalan dinilai mendesak, DPRD Sumbar.
  • Kamis, 04 Agustus 2016 - 06:50:38 WIB

    Wagub Nasrul Abit Janji Upayakan Pembukaan Jalan Kambang-Muaro Labuah

    Wagub Nasrul Abit Janji Upayakan Pembukaan Jalan Kambang-Muaro Labuah SOLSEL,HALUAN—Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Nasrul Abit serius mengupayakan pembukaan jalan tembus Kambang–Muara Labuh yang telah disampaikan pada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan..
  • Senin, 06 Juni 2016 - 16:20:40 WIB

    Pemprov Sumbar Surati Presiden Terkait Kelanjutan Jalan Tembus Muaro labuah - Kambang

    Pemprov Sumbar Surati Presiden Terkait Kelanjutan Jalan Tembus Muaro labuah - Kambang PADANG, HALUAN-- Jalan tembus Muaro Labuah, Kabupaten Solok Selatan-Kambang (Kabupaten Pesisir Selatan)hingga kini belum selesai karena jalan tersebut berada pada kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Pemerintah Pro.
  • Kamis, 26 Mei 2016 - 16:34:53 WIB

    Tebing Jembatan Kayubawang Penghubung Kambang Barat – Kotobaru Runtuh

    Tebing Jembatan Kayubawang Penghubung Kambang Barat – Kotobaru Runtuh PAINAN, HALUAN-Parit miring di sisi timur jembatan Kayubawang penghubung Kambang Barat - Kotobaru Kecamatan Lengayang Pesisir Selatan yang sempat jadi buah bibir warga akhirnya runtuh sepanjang 12 meter lebih dengan lebar 4 m.
  • Kamis, 21 April 2016 - 11:27:46 WIB

    Kambang Harapan Butuh Jembatan Bailey

    Kambang Harapan Butuh Jembatan Bailey PAINAN, HALUAN — Warga Kampung Kambang Harapan Nagari Kambang Utara Kecamatan Lengayang yang sempat teriso­lasi akibat jembatan putus akibat banjir berharap ke Pemkab Pessel dibangun jembatan bailey pengganti jembatan putu.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]