Dana Desa Silungkang Tigo

Percepat Pembangunan Infrastruktur


Sabtu, 23 Januari 2016 - 04:31:55 WIB

SAWAHLUNTO, HALUAN — Desa Silungkang Tigo, merupakan salah satu dari 27 Desa di Pemerintahan Kota Sawahlunto, yang men­dapat kucuran dana desa dari pemerintah pusat.

Tahun 2015 mendapat­kan Anggaran Dana Desa (ADD) sebesar Rp414 juta lebih, yang dimanfaatkan untuk pembangunan infras­truktur dalam mendukung peningkatan ekonomi ma­sya­rakatnya

Kepala Desa Silungkang Tigo Andri Wijaya di­dam­pingi Ketua Badan Per­musya­waratan Desa (BPB) Silungkang Tigo Rizal F Danil kepada Haluan Rabu (20/1) menyebutkan, dari total Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) tahun 2015 sebesar Rp981 juta dana yang terserap ha­nya terelasisasi sebesar 70 persen dengan dana Silpa sebesar Rp287 juta.

“Terjadinya Silpa itu diakibatkan ada beberapa kegiatan infrastruktur yang tidak jadi dilaksanakan, karena waktu pengerjaanya yang begitu singkat yakni kurang dari satu bulan. Be­lum lagi perubahan ang­garan di bulan Oktober dan pencairan dananya di bulan November, sehingga kegia­tan itu tidak jadi dilak­sana­kan,” kata Andri Wijaya.

Kalaupun kita paksakan lanjutnya, kegiatan itu tidak akan terlesaikan tepat wak­tu, bias menjadi masalah nantinya, untuk itu atas kesepakatan bersama ke­giatan tersebut akan di­lanjut­kan pada APBDes tahun 2016 ini.

Ketua BPD Silungkang Tigo Rizal F Danil menam­bah­kan, dari 10 kegiatan fisik tahun 2015, 5 kegiatan diantaranya rampung dilak­sanakan dengan total ang­garan sebesar Rp387 juta, yang digunakan untuk pem­bangunan roil jalan, dam, bronjong dan pengecoran jalan termasuk dana DAK sebesar180 juta yang digu­na­kan untuk pembangunan BalaiAadat.

Untuk tahun 2016 Desa Silungkang Tigo Kecamatan Silungkang mendapat dana ADD sebesar Rp1,495 mi­liar, dengan total APBDes sebesar Rp2,492 miliar ya­ng akan digunakan 70 per­sennya untuk belanja modal atau pembangunan dan 30 persen untuk belanja ope­rasional dan pegawai.

“Tahun ini ada sekitar 20 kegiatan fisik yang akan kita lakukan, termasuk 5 ke­giatan yang tertunda pada APBDes tahun 2015, ter­masuk cadangan untuk BU­M­Des,’’ terangnya.

Adapun total APBdes 2016 sebesar Rp2,492 mi­liar itu terdiri dari ADD Rp1,495 miliar, transfer dana dari APBD Rp986,24 juta, bantuanbagi hasil pajak sebesar Rp20,196 juta serta Silpa APBDes 2015 sebesar Rp287 juta.

Ia berharap dana desa yang tiap tahunnya akan terus meningkat akan di­te­rima ini, akan mampu me­m­percepat laju pem­bangu­nan dessa Silungkang tigo, yang secara otomatis juga mampu lebih mengiatkan sector perkekonomian war­ga­nya disegala bidang usaha. (h/mg-rki)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]