Kendala Serius Kota Sawahlunto

Banyak Lahan Dikuasai BUMN


Sabtu, 23 Januari 2016 - 04:33:22 WIB

SAWAHLUNTO, HALUAN – Hampir 90 persen lahan dikota Sawahlunto dikuasai oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni PT Bukit Asam (PTBA) Ombilin dan PT Kereta Api Indonesia (KAI).  Inilah yang  menjadi permasalahan utama dalam melakukan pembangunan dikota ini. Sawahlunto terus mengalami kerugian tiap tahunnya, karena harus mengeluarkan  uang  Rp1,6 miliar untuk sewa pemakaian asset.

Demikian yang  dikeluh­kan Walikota Sawahlunto Ali Yusuf  ketika menerima  kunjungan kerja Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatra Barat yang dipimpin ketua komisi IV Marlis dan di­dampingi Koordinator yang juga Wakil Ketua DPRD Sumbar Guspardi Gaus,  diruang rapat Balaikota setempat Kamis (21/1). “Kita harus mengeluarkan biaya yang sangat besar yang mencapai Rp1,6 miliar se­tiap tahunnya, hanya untuk membayar sewa atas pe­ma­kaian asset milik kedua BUMN tersebut,” kata Ali Yusuf.

Untuk itu lanjutnya, pi­hak pemko Sawahlunto te­ngah melakukan upaya lain, agar semua asset yang di­kuasai BUMN tersebut, bisa menjadi milik Pemko, de­ngan cara dibeli, dan hal itu telah dila­kukan dengan me­nawarkan kepada pihak terkait.

Sementara terkait akses jalan antar daerah, Ali Yu­suf meminta kepada komisi IV, agar dinas terkait di tingkat provinsi harus   mem­­per­hatikan pelebaran ruas jalan Pagaruyung – Padang Gan­ting yang berbatasan dengan daerah Sawahlunto,yakni kecamatan Talawi .Ia me­nilai, jika  jalan keluar dari Kabupaten Tanah Datar me­nuju Sawahlunto dapat dile­bar­kan, maka akan ber­dam­pak terhadapat lancarnya arus transportasi antar dae­rah, yang akan dapat me­ngun­tungkan kedua belah pihak, baik dari segi eko­nomi serta pengembangan kepariwisataan.

Menanggapi itu, Ketua Komisi IV DPRD Sumbar Marlis menyebutkan, ke­dat­ang­an rombongan dalam kunjungan kerja ini, me­mang ditujukan untuk men­jaring aspirasi guna men­dukung pembangunan se­suai kebutuhan daerah.

Jadi lanjutnya, ke­datang­an kali ini bukan hanya mengetahui program dan pelaksanaan APBD, pihak­nya juga ingin mengetahui sejauhmana program yang telah dialokasikan telah dilaksanakan. “Kita ingin apa yang telah dialokasikan dan direncanakan, dilak­sanakan dengan baik, serta program apa saja yang daer­ah mau, kita tamping untuk dirembukkan ditingkat pro­vinsi nantinya,’’ ungkap­nya. (h/mg-rki)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]