Tunggu Infrastruktur Selesai

SMA 3 Sumbar Akan Beroperasi 2017


Sabtu, 23 Januari 2016 - 04:34:37 WIB
SMA 3 Sumbar Akan Beroperasi 2017 Gedung SMA 3 Sumbar tampak belakang dengan 8 ruang kelas dan jamban di bagian kanannya empat ruang, Jumat (22/1). Ge¬dung ini sedang menunggu penyelesaian infrastruktur dan direncanakan beroperasi 2017 mendatang. (ICOL DIANTO)

PASAMAN, HALUAN — Sekolah Menengah Atas (SMA) Sumatera Barat yang terletak di Tanjungberingin Kecamatan Lubuksikaping, Pasaman, telah terbengkalai sejak tahun 2010 lalu. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumbar berencana akan mengoperasionalkan sekolah ini pada 2017 mendatang, karena menunggu penyelesaian Infrastruktur.

Sekolah yang dimulai pembangunannya 2010 lalu itu, kini telah selesai 13 ruangan untuk proses be­lajar mengajar. Selain itu, dua ruangan untuk kepala sekolah, majelis guru dan ketatausahaan sudah siap dibangun. Berikutnya, de­lapan unit closet (jamban) untuk siswa/siswi, dan tujuh closet untuk para pegawai.

Petugas sekolah yang ditemui Haluan di lokasi, Riko, menyebutkan, se­kolah tersebut telah di­lanjut­kan pem­bangunan­nya tahun 2015 yaitu em­pat ruang belajar dan em­pat ruang untuk jamban siswa. 

Sementara itu, pantauan Haluan di lapangan, di lo­kasi sekitar tujuh hektare itu juga telah berdiri bangunan lantai dua untuk ruang be­lajar sebanyak lima lokal. Terlihat tonggak-tonggak beton yang berdiri. Se­men­tara di depan, ruangan yang leter L, juga telah berdiri tonggak-tonggak kerangka beton dan lantai dua untuk asrama pelajar.

Sejak ada petugas se­kolah di lokasi itu, kasus hilangnya besi-besi bangu­nan tidak ada lagi. Lokasi sekolah yang telah ada ba­ngu­nan­nya di tiga titik ber­beda itu, juga ke­lihatan telah dirambah se­mak b­e­lukarnya. 

“Saya sudah dua tahun tinggal di sini, saya minta pemuda dan masyarakat turut menjaga keamanan bangunan milik pemerintah ini, karena sekolah ini ke depannya turut memajukan Lubuk Sikaping dan Kabu­paten Pasaman pada umum­nya,” pinta Riko.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Ke­budayaan Provinsi Sumbar Syamsulrizal mengatakan, direncanakan bangunan ini beroperasi tahun 2017 me­n­datang, mengingat masih banyaknya sarana yang pe­r­lu dilengkapi.

“Asrama saja belum ada, jadi belum bisa di­operasi­kan tahun ini. Tahun 2016 ini lanjutan pembangunan sekolah ini didanai kem­bali. Kami lihat per­kem­bangan­nya dulu, baru di­putus­kan kapan akan bero­perasi,” ucapnya.

Syamzurizal men­ye­but­kan, nantinya selain dileng­kapi asrama, juga akan dise­dia­kan fasilitas bus sekolah bagi siswanya. Sekolah ini tidak hanya menampung sis­wa dari kawasan Lubuk Si­kaping saja, tapi juga dari seluruh Sumbar. Dinas Pen­didikan dan Kebudayaan Sum­bar sendiri me­narget­kan pendirian lima sekolah boar­ding school. Saat ini sudah terdapat empat seko­lah, yaitu SMA 1 Sumbar di Padang Panjang, SMA 2 Sumbar di Solok, SMA 3 Sumbar di Lubuk Sikaping dan SMK 1 Sumbar di Pa­dang. (h/col/eni)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]