Penerimaan DBH Kepri Merosot


Senin, 25 Januari 2016 - 03:25:59 WIB

BATAM, HALUAN — Penjabat Gubernur Kepri Nuryanto me­ngatakan, penerimaan Dana Bagi Hasil (DBH) Provinsi Kepulauan Riau pada tahun ini merosot tajam. Dari biasanya Rp400 miliar menjadi Rp12 miliar.

Perhitungan DBH itu dite­tapkan oleh Pemerintah Pusat melalui Perpres, sehingga pe­merintah daerah tidak me­miliki pilihan lain, kecuali menerimanya.

“DBH sudah ‘clear’ semua. Iya, itu memang segitu kenya­taannya harus kita terima,” Nur­yan­to di Batam,  akhir pekan lalu.

Meski pendapatan DBH berkurang drastis, namun ia optimis Kepri tidak akan keku­rangan dana, karena peme­rintah pusat menyiapkan ang­garan dari alokasi yang lain.

Sayang, ia tidak mengingat nama mata anggaran lain yang menjadi sumber pendapatan Kepri, untuk menutupi ke­kurangan DBH.

“Kekurangannya ditang­gulangi dari dana-dana yang ada di sana. Ada dana yang biasanya diterima kecil, seka­rang jadi besar. Tanya ke bagian keua­ngan,” kata pria yang baru sekira dua pekan memimpin Kepri.

Dengan tambahan dana dari mata anggaran lain itu, maka Kepri tidak akan keku­rangan dana.

“Selisihnya jadi sedikit sa­ja,” kata dia.

Terpisah, anggota Komisi II DPRD setempat Rudy Chua menyesalkan berkurangnya DBH untuk Kepri.

“Tahun ini, Pemerintah Kepri hanya mendapat Rp12 miliar, jauh dibawah target. Padahal Kepri merupakan wi­la­yah penghasil migas, sama seperti wilayah lainnya yang justru mengalami kenaikan DBH, seperti Sumsel dan Ri­au,” kata dia.

Penurunan DBH itu diper­kirakan akan membuat Pem­prov Kepri kesulitan keuangan, karena ada banyak kontrak pekerjaan yang harus dibayar.

“Pemerintah Kepri siap-siap menghadapi gugatan dari pihak ketiga atau kontraktor yang sudah menyelesaikan pekerjaan, tetapi belum di­bayar,” ujarnya.

Dia mengibaratkan Peme­rintah Kepri seperti meraba-raba di dalam kegelapan. Kon­disi ini memperburuk Kepri, karena tidak dapat melak­sanakan pembangunan secara maksimal.(h/hkr)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]