Berhasil Terapkan LAKIP

Pemda Bintan Jadi Percontohan


Senin, 25 Januari 2016 - 03:27:32 WIB

BINTAN, HALUAN — Sistem pelayanan yang selama ini telah diterapkan di Pemerintahan Daerah (Pemda) Bintan, terus menuai prestasi baik di tingkat Provinsi Kepri maupun di kancah nasional.

Alhasil, sistem pela­ya­nan yang sudah menuai ba­nyak prestasi ini kerap men­jadi buruan dari Pemda lainnya di Indonesia yang ingin meniru apa yang sudah dilakukan Pemda Bintan.

Semisal Sistem Akun­tabilitas Kinerja Pemerintah dan Laporan Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (LA­KIP) di Kabupaten Bintan yang mendapat predikat B.

Capaian ini langsung mengundang Pemda dari Kabupaten Hulu Sungai Utara, Banjarmasin untuk menyambangi Bintan dan mempelajari yang sudah diterapkan Pemda Bintan khususnya dalam perihal LAKIP tersebut.

Wakil Bupati Hulu Su­ngai Utara, Husairi Abdi saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Bintan mengungkapkan keter­ta­rikannya kepada Pemda Bintan yang sudah terlebih dahulu berhasil menerapkan LAKIP.

“Pemkab Hulu Sungai Utara tertarik bertukar pe­nga­laman dengan Kabu­paten Bintan, tentang Sis­tem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah dan Laporan Akuntabilitas Kinerja Pe­merintah,” kata Husairi Abdi di Bintan, kemarin.

Ia menambahkan, bah­wa nilai SAKIP dan LAKIP Kabupaten Bintan lebih baik dibandingkan dengan daerah lainnya di Provinsi Kepri. Sehingga, sudah se­pantasnya pihak dari Hulu Sungai Utara untuk meniru apa yang sudah diterapkan oleh Pemda Bintan ini.

Apalagi predikat LAKIP Pemda Bintan termasuk dalam peringkat ke-10 di tingkat Nasional dari 11 daerah lain se-Indonesia.

Rombongan yang dipim­pin Husairi itu diterima langsung oleh Penjabat Bu­pati Bintan, Doli Boniara, didampingi Asisten Ad­mi­nistrasi dan Umum Raja Akib, di ruang rapat Kantor Dinas Pariwisata dan Kebu­dayaan di Teluk Bakau.

Doli menyambut hangat rombongan dari Hulu Su­ngai Utara tersebut.

Doli yang memimpin langsung pemaparan apa­ratur Pemkab Bintan me­nge­nai SAKIP dan LAKIP Pemkab Bintan menga­ta­kan, program kunjungan kerja ke Bintan ini secara tidak langsung mengenalkan Bintan ke daerah lain.

“Mereka bisa melihat secara lebih dekat kein­dahan alam kita. Jadi mere­ka bisa berjunjung kapan saja,” ujarnya.

Namun, yang jauh lebih penting daripada itu, kata Doli, adalah pertukaran informasi antara kedua pe­merintah daerah.

“Apa-apa yang baik dari mereka yang kita ambil, begitu juga sebaliknya. Se­hingga sama-sama mengun­tungkan,” ungkapnya.(h/cw95)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 24 Februari 2020 - 17:29:50 WIB

    Pengembangnan Potensi Wisata di Pasaman Butuh Perhatian Serius Pemda

    Pengembangnan Potensi Wisata di Pasaman Butuh Perhatian Serius Pemda PASAMAN,HARIANHALUAN.COM-Pengembangan potensi pariwisata, tradisi dan budaya yang tersebar di nagari atau desa adat di wilayah Kabupaten Pasaman, membutuhkan perhatian serius dari pihak pemerintah daerah setempat..
  • Rabu, 14 Januari 2015 - 19:03:00 WIB

    Pemda Tak Terbuka Soal BUMD

    PEKANBARU, HALUAN — Tidak diketahuinya kinerja dan laporan keuangan sejumlah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi Riau, memunculkan dugaan perusahaan plat merah tersebut seperti perusahaan private se.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]