Pelabuhan Bulang Linggi Naik Status


Senin, 25 Januari 2016 - 03:28:13 WIB
Pelabuhan Bulang Linggi Naik Status Pelabuhan speed boat Bulang Linggi Tanjungpinang, direncanakan naik status dari semula bernama Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Klas II Tanjunguban menjadi Badan Layanan Umum (BLU) atau BLUD.

BINTAN, HALUAN —  Pela­buhan speed boat Bulang Linggi Tanjungpinang, di­ren­canakan naik status dari semula bernama Unit Pe­nyelenggara Pelabuhan (UP­P) Klas II Tanjunguban akan diserahkan pe­ngelo­laannya kepada Badan Usa­ha Milik Daerah (BUMD) Bintan menjadi Badan La­yanan Umum (BLU) atau BLUD.

Rencana kenaikan sta­tus pelabuhan ini meru­pakan rencana dari Direk­torat Jenderal Perhu­bu­ngan Laut Kementerian Perhubungan.

Kepala Kanpel UPP Klas II Tanjunguban, Edi Sumarsono mengharapkan, dengan rencana kenaikan status tersebut pelayanan serta pengelolaan kawasan pelabuhan di Tanjunguban itu bisa sederajat dengan pengelolaan seperti di ban­dara-bandara.

“Dengan dikelola oleh BLUD, diharapkan lebih profesional dan mem­beri­kan sumbangan kepada dae­rah dan negara lebih besar. Pengelolaannya di­ha­rapkan meniru bandara. Lebih ber­sih, tidak antri penumpang,” kata Edi, kemarin.

Saat ini, kata Edi, status pengelolaan pelabuhan spe­­ed boat Bulang Linggi Tan­junguban masuk dalam wila­yah kerja UPP Kanpel Tan­junguban.

Sedangkan bangunan fisik pelabuhan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Bintan, termasuk fasilitas dan prasarananya.

“Perubahan penge­lola­an­nya menjadi BLU ini ber­sa­maan dengan 19 pela­buhan lainnya di seluruh Indonesia,” tambahnya.

Dengan adanya ren­cana dari pusat itu, untuk pe­ngelolaan pelabuhan itu sepenuhnya akan dikelola oleh pemerintah daerah.

Kepala Dinas Per­hu­bungan (Dishub) Bintan, Yandrisyah mengatakan, rencana tersebut akan sa­ngat memberikan dampak p­ositif terutama terhadap naiknya Pendapatan Asli Daerah (PAD) Bintan ke­de­pannya.

“Saat ini sudah menyum­bang kepada Kabupaten Bin­tan sekitar Rp400 juta. Kita harapkan nanti menjadi Rp1 miliar lebih,” kata Yan­drisah.

Naiknya PAD dari pela­buhan ini, kata Yandrisah, diharapkan dari pemu­ngu­tan restribusi kapal tanker yang labuh jangkar, karena sedang mengantri pe­ngi­sian bahan bakar minyak (BBM) ataupun bahan ba­kar gas (BBG) ke PT Per­tamina terminal Tanjungu­ban.  “Ju­ga potensi dari kapal-kapal yang sandar di pelabuhan,” tutupnya.(h/cw95)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 20 Oktober 2016 - 02:39:50 WIB

    Pelabuhan Serasan Hampir Tenggelam

    Pelabuhan Serasan Hampir Tenggelam NATUNA, HALUAN — Pelabuhan Pelni yang ada di Kecamatan Serasan hampir tenggelam, lantaran air laut mengalami pasang yang cu­kup tinggi bercampur gelom­bang besar. Hal tersebut dikatakan salah seorang war­ga Serasan, Doni.
  • Sabtu, 08 Oktober 2016 - 02:43:56 WIB
    SEJAK DIBANGUN TAHUN 2010

    Terminal Pelabuhan Roro Belum Digunakan

    DUMAI, HALUAN — Sejak dibangun tahun 2010, Terminal Pelabuhan Roro di Dumai, hingga saat ini belum digu­nakan dan telah banyak yang rusak. Proyek APBN yang berniliai miliaran rupiah itu pun terbengkalai dan belum ada serah.
  • Sabtu, 10 September 2016 - 02:46:55 WIB

    Pelabuhan Sungai Perak Tak Kunjung Diperbaiki

    Pelabuhan Sungai Perak Tak Kunjung Diperbaiki TEMBILAHAN, HALUAN — Dermaga Pelabuhan Kelurahan Sungai Perak, Kecamatan Tem­bilahan roboh, sejak dua bulan lalu hingga kini belum kunjung diperbaiki Pemkab Inhil. Kondisi ini, tentunya menyulitkan akses transportasi warga.
  • Rabu, 04 Mei 2016 - 05:07:04 WIB

    Pelabuhan Parit Rampak Dikaji

    Pelabuhan Parit Rampak Dikaji KARIMUN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten (Pem­k­ab) Karimun akan m­e­­­mindahkan pelabuhan kargo, dari Pelabuhan Ta­man Bunga yang terletak persis di depan kediaman dinas Bupati Karimun, ke pelabuhan Parit Rampak di Me.
  • Kamis, 21 April 2016 - 01:52:08 WIB

    Masyarakat Beting Berharap Peningkatan Status Pelabuhan

    BETING, HALUAN — Masyarakat Desa Beting, Kecamatan Rangsang Pesisir, sangat berharap perbaikan dan peningkatan status pelabuhan. Lokasi Pelabuhan Desa Beting salah satu pelabuhan yang dilintasi trayek kapal penumpang Dumai-.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]