Berkat Pandai Membaca Peluang

Pengusaha Ponsel Raup Untung Miliaran Sebulan


Senin, 25 Januari 2016 - 03:31:21 WIB
Pengusaha Ponsel Raup Untung Miliaran Sebulan DONI Kerson berfoto di depan Top Cell, toko ponselnya, Jalan Sudirman, Padang Panjang, Sabtu (24/1). Saat ini ia memiliki 10 cabang toko ponsel di berbagai daerah di Sumbar. (IWAN DN)

Berawal dari pengalaman dan keyakinan, Doni Kerson memulai usahanya menjual kartu dan pulsa telepon seluler (ponsel) di Padang Panjang. Ia adalah pengusaha yang pandai membaca peluang.

Oleh karena itu, tak heran jika kini ia sudah memiliki 10 anak cabang usahanya di ber­bagai kota di Sumatera Barat (Sumbar), dengan nama Raja Phone Cell, Top Cell yang sudah hadir melayani masya­rakat Kota Payakumbuh, Pa­dang, dan Batusangkar.

Putra kelahiran Batu Taba Batipuh Selatan ini memiliki motto “mo­dal murah  jual  murah” dan “unggul dalam pela­ya­nan”. Dengan motto tersebut, berbagai macam merek gawai (gadget) dan aksesoris yang ia jual di toko­nya, laris bak kacang goreng. Dalam sebu­lan, sekitar 600 unit ponsel di Dika Cell, tokonya terjual. Omzet sekitar Rp 1 miliar hingga Rp 2 miliar pun di­raih­nya dalam sebulan.  

Di Padang Panjang, Doni memiliki 4 toko sebagai distri­butor resmi dari ponsel merek Asus, Samsung, Himax dan Vivo. Tak heran jika di toko­nya harga ponsel lebih  murah.

“Kami punya prinsip “mo­dal murah jual murah”, yang penting banyak laku dan didu­kung dengan pelayanan ter­baik,” ujar sarjana Hukum Universitas Muhammadiyah ini kepada Haluan di Top Cell, Jalan Sudirman, Padang Pan­jang, Sabtu (23/1).

Istri Doni, Rahmahnia me­nyebutkan, di kota Padang Pan­jang, Dika Cell maupun Top Cell menjadi rujukan bagi ma­syarakat yang ingin mem­be­li ponsel, lantaran selalu mem­berikan harga termurah. Apa­lagi saat ini, ponsel bukan la­gi barang mewah dan sudah men­jadi kebutuhan seluruh ele­men masyarakat, mulai tu­kang ojek hingga pejabat, un­tuk berko­munikasi dengan ba­ik.

Di Dika Cell dan Top Ceel, kata Doni, hampir semua jenis ponsel laku, mulai ponsel keluaran China hingga ponsel berkelas seperti Samsung, Vivo, Asus, Mito.

“Merek ponsel yang seka­rang banyak diincar pengguna ponsel adalah Himax, ponsel keluaran Indonesia. Hal ini karena Himax dipakai oleh presiden Jokowi. Ponsel Hi­max dijual mulai harga Rp­900.000 hingga Rp2.700.000, tergantung kapasitas ponsel, sebab ponsel Himax memiliki kemampuan yang tidak kalah dengan merek lain,” ungkap.

Doni menggeluti usaha penjualan ponsel ini ia menye­lesaikan pendidikan sarjana Strata 1 di Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Padang Panjang pada 2005. Awalnya ia hanya menjual kartu seluler dan menjual pulsa. Berkat keyakinan dan kegigihan, usahanya itu sema­kin berkembang. Saat ini Doni  sudah memiliki 10  cabang. Pada tahun ini, ia akan me­nam­bah 10 cabang lagi di be­be­rapa daerah di Sumbar. ***

 

Laporan:
IWAN DN
 

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 11 Agustus 2020 - 19:35:50 WIB

    Mau Jadi Pengusaha Muda? Cobalah Bisnis EBT

    Mau Jadi Pengusaha Muda? Cobalah Bisnis EBT HARIANHALUAN.COM - Pergerseran pola konsumsi energi dan keterbatasan energi fosil mendorong Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mendorong lahirnya bibit-bibit wirausahawan baru di sektor Energi Baru Te.
  • Senin, 10 Agustus 2020 - 18:48:49 WIB

    Pengusaha Mohon Bersabar, Aturan Diskon Pajak 50% Masih Digodok

    Pengusaha Mohon Bersabar, Aturan Diskon Pajak 50% Masih Digodok HARIANHALUAN.COM - Pengusaha nampaknya harus bersabar untuk sementara waktu. Pasanya, pemberian diskon 50% untuk pajak penghasilan (PPh) badan (PPh pasal 25) masih menunggu Peraturan Menteri Keuangan (PMK). Pemberian diskon i.
  • Senin, 10 Agustus 2020 - 17:52:31 WIB

    Bloomberg Rilis 500 Orang Terkaya di Dunia, Ada 5 Pengusaha Indonesia

    Bloomberg Rilis 500 Orang Terkaya di Dunia, Ada 5 Pengusaha Indonesia HARIANHALUAN.COM - Mengutip data per 10 Agustus 2020 yang dirilis Bloomberg Billionaires Index, setidaknya ada lima orang Indonesia yang masuk dalam 500 orang paling kaya di dunia. .
  • Ahad, 02 Agustus 2020 - 16:55:44 WIB

    Pengusaha Sawit Minta 20 T ke Sri Mulyani, Ada Apa ya?

    Pengusaha Sawit Minta 20 T ke Sri Mulyani, Ada Apa ya? HARIANHALUAN.COM - Sektor pertanian dan industri sawit nasional memberikan kontribusi besar terhadap kas negara, diperkirakan pajak yang diberikan mencapai Rp 100 triliun per tahun..
  • Kamis, 23 Juli 2020 - 00:01:39 WIB

    Begini Ancaman Luhut untuk Pengusaha Nikel

    Begini Ancaman Luhut untuk Pengusaha Nikel HARIANHALUAN.COM - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta seluruh pelaku usaha harus mematuhi Peraturan Menteri ESDM Nomor 11 Tahun 2020 tentang Tata Cara Penetapan Harga Patokan Penjual.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]