Harga Turun, Petani Cabai Mengeluh


Senin, 25 Januari 2016 - 03:33:18 WIB
Harga Turun, Petani Cabai Mengeluh Nazaruddin salah seorang petani cabai di Sikucur Kampung Dalam Padang Pariaman sedang menyotir cabainya untuk siap dipasarkan. (DEDI SALIM)

PADANG PARIAMAN, HALUAN — Masyarakat mulai lega dengan turunnya harga cabai. Tetapi para petani cabai mengeluh, karena dengan harga Rp25 ribu/kg dia hanya mendapat untung tipis.

Menurut Nazaruddin, salah seorang petani cabai di nagari Sikucur Kecamatan V Koto Kampung Dalam, saat ini dia hanya menjual cabainya  dengan harga Rp25 ribu/Kg. Sedangkan seminggu yang lalu harga cabai sempat mencapai Rp­40 ribu/Kg.

“Alhamdulillah, walau­pun turun dengan cukup dratis, namun dengan harga saat ini, kami masih men­dapat untung, walaupun tipis,” ujarnya dengan nada mengeluh.

Dikatakannya, saat har­ga Cabay Rp40 ribu hingga Rp50 ribu, cabai yang dita­namnya baru mulai panen. Tapi saat panen yang kedua kalinya harganya  langsung anjlok.

“Walaupun dengan har­ga Rp25 ribu/Kg, masih membuat petani cabai un­tung, itupun kalau tanaman cabainya tidak berpenya­kit,” terangnya.

Diungkapkan Nazarud­din, harga cabai yang seder­hana bagi petani tersebut yakni berkisar Rp30 ribu/Kg. “kalau harga cabai, mencapai dibawah Rp20 ribu/Kg, maka petani akan merugi,” ungkapnya.

Nazaruddin mengaku, dengan harga pupuk dan racun hama yang cukup tinggi, memang sangat me­nyulitkan petani kecil un­tuk berkebun cabai. Apalagi dengan resiko penyakit ta­naman cabai yang sangat ganas.

“Saya berani berkebun cabai ini, karena ada ban­tuan modal dari saudara,” ujarnya.

Diakuin nazaruddin, bah­wa dia telah berulang-ulang kali berkebun cabai ini, namun selalu merugi. Hal tersebut disebabkan, karena hama  tanaman ca­bai dan harga  yang selalu anjlok. “Mungkin inilah rezeki saya, dan Allah be­lum mengizinkan saya me­miliki uang yang banyak,” katanya.

Walaupun sering merugi berkebun cabai, namun Na­zaruddin mengaku tidak akan jera dan akan terus berkebun cabai. (h/ded)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 03 Agustus 2020 - 20:35:53 WIB

    Baznas Pessel Raih Penghargaan Pengelola Zakat Patuh Syariah

    Baznas Pessel Raih Penghargaan Pengelola Zakat Patuh Syariah HARIANHALUAN.COM - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pesisir Selatan mendapat penghargaan sebagai lembaga pengelolaan zakat patuh syariah kategori A atau amat baik..
  • Rabu, 29 Juli 2020 - 14:01:41 WIB

    Jelang Idul Adha, Harga Cabai Merah di Pasar Batusangkar Naik

    Jelang Idul Adha, Harga Cabai Merah di Pasar Batusangkar Naik HARIANHALUAN.COM - Jelang perayaan hari Raya Idul Adha 1441 H sejumlah harga sembako mengalami kenaikan. Salah satu harga sembako yang naik adalah cabai merah keriting. Di Pasar Batusangkar cabai merah keriting ada di harga .
  • Senin, 01 Juni 2020 - 12:50:13 WIB

    Harga Cabai di Solok Turun, Petani Mengeluh

    Harga Cabai di Solok Turun, Petani Mengeluh HARIANHALUAN.COM - Petani cabai di Solok terenyuh lantaran harga cabai di tingkat pedagang pengumpul sangat anjlok sekali sejak sebulan terakhir ini. Satu kilogram cabai ini hanya pada kisaran Rp15 ribu sampai Rp18 ribu. Bebe.
  • Jumat, 15 Mei 2020 - 15:09:19 WIB

    Masa Corona : Harga Emas Stabil, Tapi Daya Beli Masyarakat Lemah

    Masa Corona : Harga Emas Stabil, Tapi Daya Beli Masyarakat Lemah HarianHaluan.com - Meski harga emas perhiasan 24 karat stabil saat ini, tapi daya beli masyarakat akan emas tersebut sangat lemah.   .
  • Sabtu, 09 Mei 2020 - 10:27:09 WIB

    Harga Komoditas Bahan Pokok di Pasar Campago Masih Fluktuatif

    Harga Komoditas Bahan Pokok di Pasar Campago Masih Fluktuatif PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Harga sejumlah kebutuhan bahan pokok di Pasar Nagari Campago Kampung Dalam, Kabupaten Padang Pariaman pada Sabtu (9/5/2020) yang merupakan hari labai terpantau fluktuatif..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]