Fotografer se Indonesia Lakukan Pemotretan Maret 2016

Masjid Menara Punya Arsitektur Hebat


Senin, 25 Januari 2016 - 03:38:28 WIB
Masjid Menara Punya Arsitektur Hebat MASJID Menara merupakan cagar budaya yang ada di kawasan Saribu Rumah Gadang, Solsel,(21/1).(JEFLI)

SOLSEL,HALUAN— Fo­tog­rafer se-Indonesia pada Maret 2016 akan melakukan pe­mot­retan di Kawasan Saribu Ru­mah Gadang, yang merupakan ikon Solok Selatan (Solsel), dan pernah diusulkan sebagai wa­risan dunia.  

 ”Insya Allah akhir Maret 2016 para fotografer se-Indo­nesia mau hunting juga di kawasan Saribu Rumah Ga­dang,” kata  Pengamat Pari­wisata, Nofrins Napilus pada Haluan,(22/1).

Nofrins menyebutkan, se­cara potensi kawasan Saribu Rumah Gadang luar biasa, apalagi ada cagar budaya Mas­jid Menara yang arsitekturnya hebat.”Untuk menara sebesar itu hanya disangga satu tiang saja,”katanya.

Menurutnya, yang harus segera dilakukan adalah pela­tihan Pemberdayaan Masya­rakat mengenai aspek Pari­wisata, Produk Kreatif, Ke­senian, Budaya dan Kuliner dimana melibatkan seluruh unsur masyarakat.

”Sering hal tersebut tera­baikan karena setiap pengem­bangan destinasi selalu ter­fokus dengan pem­bangunan infrastruktur, akhir­nya des­tinasi tersebut lambat ber­kembangnya atau cen­de­rung tertahan,”tambahnya.

Berdasarkan pengalaman, metode yang sama telah dibuk­tikan di kawasan Mandeh dan berhasil. Akibatnya, masya­rakat paham dari dampak po­sitif yang ditimbulkan sehingga mereka paham item apa saja yang perlu disiapkan.”Itulah alasan Pelatihan Pember­daya­an Masyarakat harus didahu­lukan,”sambungnya.

Ia menambahkan, orang beken seantaro Indonesia per­nah mengunjungi kawasan itu, mulai dari artis kenamaan hingga level eksekutif.

Sebut saja, para pemeran FTV Di Bawah Lindungan Ka’bah Laudyia Cynthia Bella, Niken Anjani dan lainnya. Dari kalangan eksekutif seperti, Ardinof Chaniago, Fahmi Idris, Saldi Isra dan ternyata mereka cukup mengapresiasi potensi itu.

Ratusan Rumah Gadang berusia ratusan tahun masih terlihat disana, untuk menjaga kelestarian tentunya diper­lukan biaya perawatan yang tidak sedikit.

Kawasan itu terletak di Nagari Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu, berjarak sekitar 30 kilometer (km) dari pusat Kabupaten Solsel dan 135 kmdari pusat Ibukota Provinsi Sumatera Barat berjarak se­kitar 135 km.(h/jef)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]