Empat Lokasi Dapat Akses Listrik


Senin, 25 Januari 2016 - 03:38:48 WIB

SOLSEL,HALUAN— Pe­me­rintah Kabupaten Solok Se­latan (Solsel) pada 2016 me­lakukan penambahan akses listrik sebanyak empat titik di dua Kecamatan di daerah itu. Hal tersebut dikatakan Ke­pala Seksi Kelistrikan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sol­sel, Zil­hamri saat dihubungi Ha­luan,(22/1).

Ia menyebutkan, penam­bahan hanya menggunakan Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sebanyak empat titik yakni, di Jorong Padang Li­mau Sundai, Kecamatan Sa­ngir Jujuan 15 KK, tiga titik la­gi di Kecamatan Sangir diper­kirakan 100 KK. Berdasarkan angka rasio elektrifikasi (RE) bahwa di Solsel masih 72 persen, artinya masih ada sekitar 28 persen lagi ma­syarakat yang belum dapat akses listrik.

“Penambahan tidak terlalu signifikan, paling naiknya sekitar tiga persen, sekitar 75 persen. Tahun ini kita me­lakukan update terakhir se­hingga data pastinya belum didapat,”katanya.

Sementara, untuk akses listrik yang menggunakan PLTMH yang dikelola swa­daya masyarakat ada 26 unit yang tersebar diseluruh Sol­sel.”Sebagian besar meng­gunakan dana PNPM dan sepenuhnya dikelola ma­sya­rakat,”tambahnya.

Sementara pada program 2015, ada 80 rumah warga yang menunggu proses Serah Terima Operasi (STO) kepada PLN untuk dapat dialiri akses listrik. Diantara kecamatan yang mendapat program ter­sebut adalah Jorong Sungai Pa­di, Kecamatan Sangir seba­nyak 50 rumah dan Jorong Talakiak, Kecamatan Sangir Batang Hari (SBH) sebanyak 30 rumah.

“Untuk ifrastruktur akses jaringan sudah terpasang, namun untuk mendapatkan pasokan listrik dari PLN ma­sih menunggu STO dan diper­kirakan pada Maret 2016 sudah dapat dinik­ma­ti,” tam­bahnya.

Di Sungai Padi meng­guna­kan satu travo kapasitas 50 kilo volt ampere (kva) dengan  aliran Jaringan Tegangan Menengah (JTM) dan rentang kabel sepanjang 750 meter. Sedangkan di Talakiak meng­gunakan travo 25 kva  dengan aliran JTR panjang kabel 200 meter.

Kepala PLN Ranting Mu­ara Labuh, Rudi Hamiri me­nga­takan untuk daerah yang belum dialiri listrik PLN ada sebanyak empat Nagari yakni, Talao,Lubuk Ulang Aling, Lubuk Ulang Aling Selatan dan Lubuk Ulang Aling Te­ngah.”Tetapi bisa jadi sudah ada listrik dari PLTM yang dikelola secara swadaya,” terang­nya.(h/jef)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]