Muslim Amerika Kampanye Melawan Islamofobia


Senin, 25 Januari 2016 - 03:59:46 WIB
Muslim Amerika Kampanye Melawan Islamofobia SEORANG wanita muslim Amerika, tengah mengkampanyekan “sebarkan cinta, bukan Islamofobia” kepada warga.

AMERIKA, HALUAN — Tak dipungkiri situasi yang diha­dapi umat Islam di dunia cukup pelik. Berbagai isu terkait radikalisme, keke­rasan, dan kebencian mem­bayangi kehidupan umat Islam.

Dewan Perhubungan Is­lam-Amerika (CAIR) tidak tinggal diam menghadapi Islamofobia dan kejahatan kebencian terutama di Ame­rika Serikat. Melalui sosial media, asosiasi dan badan advokasi muslim terbesar di Amerika tersebut mengam­panyekan ‘spread love, not Islamophobia’.

Baca Juga : Kasus Positif dan Kematian Covid-19 di Pakistan Tembus Rekor

Gerakan tersebut dimulai le­wat sebuah video berisi du­kungan melawan Is­la­mofo­bia. “Jangan biarkan keben­cian memberatkanmu, karena lebih banyak cinta di dunia ini,” begitulah awal video yang disebarkan oleh CAIR melalui situs Youtube dan situs CAIR, diucapkan oleh seorang wanita muslim, mo­del video kampanye tersebut.

Pihak CAIR menyatakan video kampanye itu adalah bentuk respon atas mening­katnya serangan kebencian terhadap muslim, baik beru­pa ucapan-ucapan rasis hing­ga pemberitaan media yang memojokkan Islam.

Baca Juga : Perawat Florida Terancam Bui 5 Tahun, Usai Ancam Bunuh Kamala Harris

Situasi tersebut mem­bu­ruk pasca terror yang terja­di di Paris, San Bernardino, serta munculnya pernyataan Islamofobia dari tokoh-tokoh terkenal. Rabu (20/1) lalu, CAIR mulai aktif mengung­gah dan menyebarkan video berdurasi 51 detik yang me­nge­depankan anjuran meng­hindari kebencian, terutama terhadap Islam.

Video tersebut juga me­nyin­dir pernyataan Donald Trump terkait keinginannya mengusir muslim dari Amerika.

Baca Juga : Ikuti Langkah AS, Giliran Ceko Usir 18 Diplomat Rusia

Melalui video itu CAIR memperlihatkan tidak semua orang ‘terjangkit’ Islamofobia. Sebuah panggilan telepon direkam dalam video, mem­perdengarkan seorang pe­nganut Katolik asal Irlandia mengecam pernyataan Trump dan prihatin atas serangan kebencian berupa pem­be­ritaan buruk media yang diterima Muslim Amerika Serikat.

Kemudian di bagian akhir, para penonton video diajak mengunduh gambar slogan ‘spread love, not Islamo­phobia’. Gambar tersebut bisa diunduh di situs milik CAIR.

Baca Juga : Sempat Mengaku Capai Herd Immunity, India Kini Diterjang 'Tsunami' COVID-19

Tidak hanya mengunggah gambar, CAIR juga mengajak masyarakat untuk menye­barkan gambar itu di media sosial sebagai bentuk duku­ngan menghapuskan hate crime serta Islamofobia. (h/rol)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]