Turkish Airlines Mendarat Darurat

“Bawa Bom”, Gadis Belia Dibekuk Petugas


Senin, 25 Januari 2016 - 04:00:46 WIB
“Bawa Bom”, Gadis Belia Dibekuk Petugas

MEDAN, HALUAN — Petu­gas Avsec Kuala Namu Inter­national Airport (KNIA), kembali mengamankan se­orang calon penumpang, yang mengaku membawa barang berisi bom.

Humas KNIA, Wisnu Bu­di Setianto mengatakan, ca­lon penumpang Batik Air de­ngan nomer penerbangan ID 6891 jurusan Jakarta terse­but ber­na­ma bernama Dini Mar­thauli Sitompul berumur 20 tahun.

Baca Juga : Nonaktifkan Data Ganda, Kemensos Perkenalkan New DTKS

Akibat ulahnya tersebut, gadis belia itu gagal berangkat menuju Jakarta lantaran ha­rus menjalankan proses pe­meriksaan.

“Hari ini, Minggu tanggal 24 Januari 2016 jam 17.35 WIB asal Medan, Dini Mar­thauli Sitompul diamankan di Mean SCP pada saat diperiksa barang bawaannya menga­takan membawa bom,” jelas Wisnu, Minggu (24/1).

Baca Juga : Efek Pemudik Colong Start, Polri Antisipasi Arus Balik Lebaran

Setelah diamankan oleh petugas Avsec, pihak KNIA lalu menyerahkan Dini ke pihak kepolisian untuk di proses sesuai ketentuan.

Mendarat Darurat

Baca Juga : Polri dan BPJS Sepakat Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Pengguna Jalan

Dari Shannon dilaporkan, sebuah pesawat mendapat ancaman bom. Kali ini pesa­wat milik maskapai Turkish Airlines terpaksa dialihkan dan mendarat darurat di Shan­­non, Irlandia setelah mendapat ancaman bom.

Pesawat dengan nomor penerbangan TK-34 itu sedia­nya terbang dari Houston, Amerika Serikat (AS) menu­ju Istanbul, Turki. Burung besi itu membawa 227 penum­pang beserta kru pener­ba­ngan. Dilaporkan The Guar­dian, Minggu (24/1), pesawat Boeing 777-300 itu mendarat dengan selamat di Bandara Shannon, Irlandia pada pukul 11.20 waktu setempat setelah ditemukannya sebuah catatan berisi ancaman bom saat tengah mengudara.

Baca Juga : Optimalkan Potensi Daerah untuk Percepatan Pembangunan Ekonomi Kewilayahan

Saat pesawat masih berada di udara, operasi darurat su­dah dilakukan di landasan pa­cu bandara. Pemadam keba­karan dari wilayah Shannon dan Ennis disiagakan jika petugas pemadam kebakaran bandara membutuhkan ban­tuan tambahan.

Tidak hanya itu, ambulans dan polisi Irlandia juga disia­gakan di sekitar area bandara. Wilayah Shannon yang bera­da dekat pantai juga membuat para penjaga pantai serta perahu penyelamat disiaga­kan hingga pesawat melewati wilayah pantai dan mendarat di bandara dengan selamat.

Pesawat langsung dipin­dahkan ke area terpencil bandara sesaat setelah men­darat. Para penumpang dieva­kuasi dengan bus ke tempat yang lebih aman. Otoritas setempat sedang melakukan penyisiran di seluruh pesawat. Bukti catatan ancaman bom diamankan oleh polisi dan akan dicocokkan dengan sam­pel tulisan tangan dari para penumpang. (h/okz)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]