Golkar Berbelok Dukung Pemerintah


Senin, 25 Januari 2016 - 04:02:47 WIB

JAKARTA, HALUAN — Ketua Umum Partai Golkar versi Munas Bali Aburizal Bakrie (Ical) mengungkapkan Partai Golkar men­dukung pemerintah tanpa syarat. Bahkan Ical mengaku hal tersebut atas doktrin partai berlambang beringin tersebut.

“Kami tidak ada mengatakan bahwa men­dukung pemerintah meminta sesuatu. Tetapi karena doktrin partai Golkar, dan kemudian melakukan reposisi maka itulah yang kita la­kukan,” kata Ical pada acara Rapimnas Golkar di JCC, Senayan, Jakarta, Minggu (24/1).

Ical mengaku dukungan tersebut sudah direncanakan beberapa waktu lalu oleh pengurus partai Golkar dan mendapat restu dari Koalisi Merah Putih (KMP).

“Sebelum melakukan dukungan sudah diadakan satu rapat konsolidasi nasional tanggal 4 Januari lalu di Bali. Maka kami sudah berkomunikasi pada bulan Desember dengan rekan-rekan dari KMP, dan semuanya tidak berkeberatan dengan sikap kami,” tegasnya.

Disinggung soal Partai Golkar bakal berkoalisi dengan pemerintah, Ical enggan berkomentar lebih banyak. Dia hanya mengaku hanya sebatas mendukung kebijakan program pemerintah semata dan belum berfikir untuk koalisi. “Golkar memberikan dukungan ke­pada pemerintah, dan duduk bersama pe­merintah,” tutup Ical.

Langkah Ical tersebut, ternyata sudah dikonsultasikan dengan pimpinan Koalisi Merah Putih (KMP). Bahkan Aburizal Bakrie secara khusus menemui Ketua Umum Gerin­dra Prabowo Subianto di Hambalang untuk menyampaikan hal itu.

“Kami sudah datang ke Hambalang makan siang bersama, dan Pak prabowo menyatakan bilang itu bagus,” kata Sekjen Golkar kubu Munas Bali, Idrus Marham.

Idrus mengungkapkan, deklarasi resmi per­nyataan Golkar mendukung pemerintah akan di­sampaikan Aburizal Bakrie dalam pidato pe­nutupan rapimnas Senin 25 Januari. “Kita te­lah menjadwalkan sebelum penutupan nanti ada deklarasi oleh ketua umum dukungan ber­sama mendukung pemerintah Jokowi,” kata Idrus. Idrus menambahkan, dekalarasi men­dukung pemerintah bukan berarti partai Golkar meminta jatah kursi menteri. Namun untuk kepentingan bangsa dan negara. “Ke­kuatan politik harus bersatu. Dan merapatnya Golkar tanpa syarat,” pungkasnya. (h/mdk)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]