Di Kabupaten Dharmasraya

Ironis, Nagari Tak Dapat Bagi Hasil Pungutan PBB


Senin, 25 Januari 2016 - 04:10:25 WIB

DHARMASRAYA, HALUAN — Berbeda dengan tahun sebelumnya, di Kabupaten Dharmasraya kini Nagari tidak lagi memperoleh dana  pembangunan dari bagi hasil pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang di laksanakan perangkat Nagari.

Hal tersebut membuat penarikan pajak di Nagari melemah, bahkan angkanya mencapai 50 persen saja. “Kami jadi patah semangat untuk memungut Pajak Bumi Bangunan (PBB), karena bia­sanya pajak dikembalikan ke nagari sebesar 50 persen, sedangkan tahun ini tidak,” ungkap Walinagari Simalidu, Drs.Ismail Y, kepada Haluan di Nagari Simalidu, Minggu kemarin.

Dikatakanya, tahun lalu hasil pungutan PBB di­kem­balikan sebesar 50 persen ke Nagari, maka setiap tahunnya, dalam penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Na­gari dimasukkan angka ter­sebut. Namun untuk tahun ini tidak ada pengembalian dari Pemkab Dharmasraya, se­mentara dalam APB Nagari sudah tercantum sebagai dana masuk atau pendapatan.

Oleh sebab itu kata wa­lina­gari yang berkedudukan di perbatasan Sumbar Jambi ini, tahun 2016 ini ia tidak dapat me­menuhi angka seperti ta­hun tahun lalu, karena dalam APB Nagari muncul devisit.

Untuk Nagari Simalidu, setiap tahunnya setoran men­capai 100 persen dengan ang­ka Rp 30 juta, dan kembali sebesar sebesar 50 persen, namun ia tidak dapat me­mastikan angka tersebut akan tercapai pada tahun ini.”Saya tidak dapat memastikan ang­ka itu dapat tercapai,” kata Walinagari terbaik tingkat Sumbar tahun 2013 ini.

Ia sudah berusaha mem­pertanyakan kepada pihak Pemkab Dharmasraya ter­utama kepada DPPKD, ter­nyata pengembalian tersebut adalah berasal dari dana as­pirasi bupati, tetapi untuk memotivasi walianagari da­lam memungut pajak, maka dikembalikannya sebesar 50 persen dari jumlah setor.

Tetapi ulasnya, karena bu­pati dijabat oleh penjabat, maka kini tidak ada dana aspirasi dan dana PBB ter­sebut tidak dapat di­kem­balikan. Karena tidak ada mata anggarannya di APBD. Ia berharap untuk tahun beri­kutnya dana PBB tersebut dapat dikembalikan ke Na­gari dengan apapun na­manya. (h/mdi)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]