Pasbar Optimis Berprestasi di Porprov


Senin, 25 Januari 2016 - 04:16:45 WIB

PASBAR, HALUAN — Kabu­paten Pasaman Barat (Pas­bar) sudah siap untuk meng­hadapi Pekan Olaraga Pro­vinsi (Porprov) Sumatera Barat tahun 2016 di Padang. Berbagai persiapan sudah dilakukan termasuk anggaran yang sudah disiapkan oleh Pemkab untuk menghadapi Porprov. Untuk itu Pasaman Barat optimis berprestasi di Porprov nanti.

Ketua KONI Kabupaten Pasaman Barat, Mahlil Us­man kepada Haluan di ruang ker­janya, kemarin, mengatakan, pelak­sana untuk kegiatan Por­prov tahun 2016 dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat melalui Dinas Pemuda Olahraga setempat. Komite Nasional Indonesia (KONI) sebagai mediator dan pendukung atlet. Sementara dalam pelaksana kegiatan, KONI sebagai koordinasi atlet. Tetapi, KONI dengan tu­pok­sinya tetap menjalankan kerja dalam membina cabang olah­raga yang ada di Pasaman Barat.

“Pelaksana Porporov se­penuhnya berada dalam pa­yung Pemkab Pasaman Barat melalui Dinas Pemuda dan Olahraga. Anggarannya be­rada disana,” kata Mahlil.

Dia sampaikan, sebe­lum­nya dalam rapat dan pe­ngu­sulan anggaran,  KONI telah meminta agar pelaksanaan Porporov dikelola oleh KO­NI. Dengan dasar pelak­sa­naan­nya Undang-Undang ten­tang Olahraga yang masih ber­laku hingga  saat ini.

“Dengan pemikiran dan pertimbangan bagi Pemkab itu gagal. Pengelolaan Por­prov tetap berada di Pemda. Hibah untuk KONI hanyalah anggaran operasional KONI tahun 2016,” ujarnya.

Kendati demikian, KONI Pasbar berkomitmen untuk mensukseskan Porprov tahun 2016, yang akan dimulai de­ngan Pra Porprov April men­datang dan Porprov sekitar November 2016.

“Ya, kita optimis Pasbar akan semakin meraih prestasi pada Porprov mendatang,” katanya. Disampaikan juga, ber­beda dengan pelaksanaan Por­prov sebelumnya, pelak­sanaan tahun ini dibagi dua tahap. Yakni Pra Porprov dan Porprov. Setiap kabupaten/kota yang ikut, wajib me­ngi­kuti Pra Porprov kemudian dilanjutkan pada Porprovnya.

“Yang ramai nanti pada Pra Porprovnya, mungkin pada Porprovnya tidak ada lagi penyisihan,” tukasnya.

Untuk itu, KONI Pasbar sebagai payungnya cabang olahraga Pasaman Barat tetap eksis melakukan pembinaan dan latihan pada atlit serta terus mencari bibit-bibit atlet yang baru.

“InsyaAllah, tidak ada masalah. KONI dengan kon­disi bagaimanapun akan tetap semangat dan menjaga ba­gaimana Pasaman Barat s­e­makin eksis dunia olah­ra­ganya,” imbuh Mahlil. (h/dka)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]