Pra Olimpide Geografi, Kebumian, IPS Jurusan Geografi UNP

Dua SMA Bersaing Ketat


Senin, 25 Januari 2016 - 04:25:15 WIB

PADANG, HALUAN — Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Ampek Agam dan SMAN 1 Padang Panjang merajai pra olim­piade Geografi dan Kebumian yang diadakan oleh Jurusan Geografi dan Kebumian tingkat SMA Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang yang diadakan 23-24 Januari, pekan lalu. Kedua sekolah ini berhasil membawa dua trofi sekaligus atas prestasi siswanya.

Siswa SMAN I Ampek Agam M Ilham Al Haj men­jadi jawara pada pra olim­piade Geografi. Sementara peringkat berikutnya diraih Al Farizi Aswad dari SMA­N 1 Payakumbuh dan di­ikuti pada peringkat tiga oleh Genta Ramadhan dari SMAN 1 Padang.

Sementara di pra olim­piade kebumian, peringkat pertama diraih Frinanda Ilham P dari SMAN 1 Pa­dang Panjang, diikuti Alfa­ridzi Meifano dari SMAN 1 Ampek Angkek, Agam dan peringkat ketiga diraih Fa­rid Waldi dari SMAN 1 Padang Panjang.

Ketua Panitia Geograp­hy Teachers and Students Com­petitin (GTENSC) 20­16 se-Sumatera Nofrion kepada Haluan¸Minggu (24/1) mengatakan, pra olimpiade ini tidak hanya digelar untuk pelajar SMA (Geografi dan Kebumian, red) saja tapi juga untuk siswa SMP.

“Untuk siswa SMP di­gelar pra olimpiade IPS.  Pra olimpiade ini dilak­sana­kan untuk mempersiapkan para sekolah di Sumatera Barat menghadapi olim­piade Sains Nasional yang dilakukan secara nasional. Kami harapkan, akan lahir jawara-jawara dari Sumatera Barat nantinya,” terangnya.

Nofrion juga men­jelas­kan, untuk kategori pra olimpiade IPS tingkat SMP, peringkat pertama diraih Akhlaqul Imam dari SMP Islam Raudhatul Jannah, Payakumbuh, peringkat ke­dua diraih Farhan Pramuka dari MTsN Lubuk Sikaping, Pasaman dan peringkat ke­tiga diraih Yuja Ramano dari SMPN 2 Bukittinggi.

Ia juga menjelaskan, pe­serta yang mengikuti pra olimpiade tingkat SMA sederajat ini berasal dari enam provinsi diantaranya Sumatera Utara, Riau, Ke­pulauan Riau, Jambi, Su­ma­tera Selatan dan Sumatera Barat. sementara untuk tingkat SMP diikuti tiga provinsi yaitu Riau, Su­matera Barat dan Jambi.

“Pemenang pertama me­­­­n­­dapatkan piala bergilir rektor dan Dekan FIS UNP serta uang tunai masing-masing satu juta rupiah ditambah bingkisan dan voucher,” terangnya.

Ke depan GTENSC ak­an dikembangkan dengan mengoptimalkan kehadiran peserta dari seluruh pro­vinsi di Pulau Sumatera dan merancang kegiatan olim­piade untuk Guru Geografi dan IPS. Acara dibuka oleh Rektor UNP diwakili De­kan FIS UNP, Prof Dr Syafri Anwar, MPd.

Acara pembukaan juga dimeriahkan dengan atrak­si kolosal tarian tradisional nusantara dalam “Tari Ma­s­­sal Pelangi Nusantara” oleh Sanggar Tari Kha­tulistiwa Geografi di bawah binaan Ketua Jurusan Geografi, Dra Yurni Suasti, MSi. (h/eni)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]