Pj Bupati Limapuluh Kota Segera Dilantik

Nama Yendri Thomas Disebut-sebut Calon Kuat


Senin, 25 Januari 2016 - 04:28:01 WIB

PADANG, HALUAN — Se­te­­lah melantik Staf Ahli Bi­dang Pemerintahan Jafrinal Ari­fin sebagai Penjabat (Pj) Bu­pati Agam pada Sabtu (23/1) kemarin, me­nyusul Pj Bupati Lima­puluh Kota yang diren­cakan Rabu (27/1) dilantik Pj Gubernur Sum­bar Rey­donnyzar Moe­nek.

Dari info yang berkem­bang di lapangan, karena keterbatasan stok pejabat dan juga untuk menjaga agar roda pemerintahan di pro­vinisi tetap berjalan, nama Sekretaris Daerah Kabu­paten (Sekdakab) Lima­puluh Kota, Yendri Thomas menjadi calon kuat untuk mengisi jabatan ini.

Selain nama Yendri Tho­mas nama pejabat yang juga berpeluang untuk unjuk gigi jadi Pj Limapuluh Kota diantaranya, Kepala Badan Kesbangpol Ivan Khairul Ananda, Asisten II Set­da­prov Sumbar Syafruddin, Kepala Dinas Kehutanan Sumbar Hendri Oktavia masuk dalam bidikan untuk menjadi Pj.

Pj Gubernur Sumbar Reydonnyzar Moenek yang ditemui Haluan Sabtu (23/1) siang usai acara pelan­tikan Pj Bupati Agam di Auditorium Gubernuran Sumbar menuturkan, untuk Surat Keputusan (SK) Pj Bupati Limapuluh Kota akan dijemput ke Kemen­terian Dalam Negeri pada Senin (25/1). SK tersebut kata Donny telah ditanda tangani Kemendagri.

“SK nya tinggal dijem­put saja lagi, sudah ditanda tangani Kemendagri. Sete­lah SK di tangan, satu hari atau dua hari setelah itu kita akan lakukan pelantikan,” ujarnya.

Terkait siapa nama yang nantinya akan mengisi keko­songan jabatan itu ditutup rapat Donny. “Namanya saya tidak tahu, itu kepu­tusan Kemendagri, tapi un­tuk usulan namanya masih dari lingkungan kita,” kata­nya sedikit berkelit.

Munculnya nama Yen­dri Thomas, terkuak saat pertemuan Haluan dengan Sekretaris Provinsi Sumbar Ali Asmar di ruang kerja­nya pada Jumat (8/1) lalu. Pada pertemuan yang juga dihadiri Kepala Biro Peme­rintahan Mardi dan Kepala Biro Humas Irwan dibahas alasan keterlambatan pelan­tikan Pj Bupati Agam dan Limapuluh Kota itu.

“Dari 13 daerah yang habis masa jabatannya, 11 daerah diantaranya diisi oleh pejabat provinsi yang dinilai layak untuk men­jadi Pj di daerah. Namun, untuk dua daerah ini mun­cul per­tim­bangan kalau masih dari provinsi yang akan mengisi posisi Pj ma­ka akan ber­pengaruh kepa­da kinerja di provinsi,” ujar Ali Asmar.

Berdasarkan pertim­ba­ngan ini akhirnya Pemprov memanggil kedua Sekda dari daerah Agam dan Lima­puluh Kota untuk mengi­kuti seleksi terbuka tertutup menjadi Pj. 

“Kedua Sekda itu telah kita panggil untuk mengi­kuti tes. Namanya juga su­dah kita kirim ke Kemen­dagri bersama nama lainnya dari provinsi. Meski demi­kian kita tidak bisa me­mastikan apakah mereka akan terpilih menjadi PJ nantinya. Karena keputusan itu ada di Kemendagri,” pungkasnya.

Ali Asmar menilai, jika ada salah satu Sekda yang nantinya disahkan melalui Surat Keputusan (SK) Ke­men­dagri untuk menjadi Pj, maka ini akan menjadi seja­rah bagi Sumbar dan me­rupakan satu-satunya di Indonesia.

“Ini tentunya akan men­jadi model di kemudian hari. Jadi, tidak tertutup kemung­kinan dimasa akan datang Sekda langsung jadi Pj tentu masih harus me­lalui meka­nisme yang ada,” ujarnya. (h/isr)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 26 Februari 2020 - 20:18:24 WIB

    PDAM Kota Padang Berubah Nama Jadi Perumda Air Minum

    PDAM Kota Padang Berubah Nama Jadi Perumda Air Minum PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Kini Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Padang resmi berubah nama menjadi Perusahaan Umum Daerah (Perumda). Artinya ketika PDAM berubah status jadi Perumda, maka akan ada usaha lain yang dapat.
  • Selasa, 19 November 2019 - 23:45:45 WIB

    Kadin Padang Segera Gelar Muskota, Lima Nama Calon Ketua Mengapung

    Kadin Padang Segera Gelar Muskota, Lima Nama Calon Ketua Mengapung PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Padang menggelar Musyawarah Kota (Muskota) di ball room Mercure Hotel, Kamis, 21 November 2019 mendatang. Hal itu dikatakan Ketua Karteker, Sam Salam dida.
  • Jumat, 06 September 2019 - 14:43:27 WIB

    Wow...! Ada Beragam Tanaman Hias se-Indonesia Dipamerkan Balaikota Padang

    Wow...! Ada Beragam Tanaman Hias se-Indonesia Dipamerkan Balaikota Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM - Iven Florikultura Indonesia 2019 yang merupakan kegiatan pameran tanaman hias yang diikuti oleh 22 sentra tanaman hias se-Indonesia mulai digelar sejak, Jumat (6/9) hingga, Senin (9/9)..
  • Selasa, 12 Maret 2019 - 21:22:54 WIB

    Pemko Padang Bakal Ubah Nama Ejaan Jalan Khatib Sulaiman

    Pemko Padang Bakal Ubah Nama Ejaan Jalan Khatib Sulaiman PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Kota (Pemko) Padang akan mengusahakan perubahan ejaan nama Jalan Khatib Sulaiman menjadi Chatib Sulaiman, sesuai dengan ejaan yang benar dari nama pahlawan yang akan diajukan menjadi pah.
  • Selasa, 14 Februari 2017 - 09:02:45 WIB

    20 Nama Perebutkan Kursi 3 OPD

    PADANG, HALUAN - Tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Padang diantaranya Dinas Pendidikan, Dinas Olahraga dan pemuda serta Dinas Pertanian sedang berebut kursi. .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]