Selain Beasiswa

Dana Rajawali untuk Masjid Raya Sumbar


Senin, 25 Januari 2016 - 04:32:06 WIB

PADANG, HALUAN — Babak baru dana hibah PT Rajawali pun dimulai. Dana Rp65 miliar ini rencananya digunakan untuk percepatan pembangunan Masjid Raya Sumbar.

Usulan penggunaan dana hibah PT Rajawali ini sendiri muncul dari änggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar, Arkadius Dt. Intan Bano yang juga hadir dalam rapat koordinasi ter­sebut.

“Saat ini ada dana sebesar Rp65 miliar dari PT Rajawali yang ada di kas daerah, apakah ini tidak digunakan saja untuk percepatan pembangunan Mas­jid Raya Sumbar. Karena dana ini sudah terlalu lama me­ngen­dap dalam kas daerah,”ujarnya.

Rencana ini pun langsung diamini Penjabat Gubernur Sumbar Reydonnyzar Moe­nek. Selain untuk percepatan pembangunan Masjid Raya Sumbar dana yang telah men­gen­dap di kas Provinsi Sum­bar ini pun akan disalurkan untuk beasiswa bagi pelajar, mahasiswa dan dosen yang akan melanjutkan pen­di­dikan­nya seperti rencana awal dana ini diberikan.

“Nanti dana ini akan kita dikelola melalui Yayasan Masjid Raya Sumbar. Melalui dana ini nanti juga akan kita salurkan beasiswa untuk ma­hasiswa dan dosen yang tidak mampu yang ingin me­lan­jut­kan pendidikannya,” ungkap Penjabat (Pj) Gubernur Sum­bar Reydonnyzar Moenek Jumat (22/1) saat Rapat Koor­dinasi Percepatan Pem­ba­ngunan Masjid Raya Sumbar di Auditorium Gubernuran Sumbar.

Seperti diketahui, me­ngen­dapnya dana beasiswa Yayasan Rajawali milik Pem­prov Sumbar ini telah ber­langsung dari beberapa tahun lalu. Yayasan Rajawali yang dibentuk pemerintah sebagai penyalur beasiswa kepada pelajar kurang mampu dinilai menyalahi regulasi.

Ide pembentukan Ya­ya­san Beasiswa Minangkabau (YBM) dari PT Rajawali sesuai dengan Undang Un­dang (UU) 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yaitu terwujudnya pendidikan sebagai pranata social yang kuat dan berwibawa yang dituangkan ke dalam Perda Nomor 4 tahun 2009.

Namun, menurut Di­re­k­tur Anggaran Daerah dan Direktur Investasi daerah Ke­menterian Keuangan yayasan yang dikelola Pemda dengan menggunakan dana hibah yang disalurkan secara terus menerus berupa dana beaiswa ini akan dapat menimbulkan persoalan dalam pe­lak­sa­naan­nya. Hal ini diperkuat dengan Permendagri Nomor 32 Tahun 2011 tentang pe­nyaluran dana hibah.

Untuk percepatan pem­bangunan Masjid Raya Sum­bar lanjutan pembangunan tahap VII Pemprov me­ngang­garkan  sebesar Rp38 miliar yang berasal dari APBD Sum­bar 2016.

“Saya sudah tandatangani surat keputusan PA dan KPA untuk Disprasjaltarkim se­bagai salah satu syarat yang dibutuhkan untuk proses lelang kelanjutan pem­ba­ngu­nan Masjid Raya Sumbar,” ungkap Donny.

Sementara itu, Kepala Disprasjaltarkim Sumbar, Suprapto mengatakan, tahun ini lingkup pembangunan yang akan dilakukan dalam ka­wasan masjid adalah lan­jutan pembangunan masjid raya tahap VII dengan ang­garan sebesar Rp38 miliar yang berasal dari APBD Sum­bar 2016.

“Sementara untuk pe­nataan kawasan ruang terbuka hijau dengan anggaran sebesar Rp11 miliar yang berasal dari APBN, serta pembangunan gedung bundo kanduang de­ngan anggaran Rp1.4 miliar  dari APBD,” jelasnya.

Lanjutan pembangunan masjid tahap VII tersebut katanya, berupa pekerjaan finishing lantai dasar, pe­ker­jaan façade lantai satu , pe­kerjaan finishing lantai pe­lataran luar dan pekerjaan kolam area mihrab yang baru selesai sekitar 30 persen.

Sementara untuk pem­bangunan Gedung Bun­do Kanduang bisa selesai 100 persen karena hanya pem­bangunan pondasi tiang pan­cang dan pengecoran pour dan sloof. (h/isr)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 14 Mei 2020 - 20:07:24 WIB

    Hebat Siswa SMPN 8 Padang! Dana Perpisahan yang Mereka Kumpulkan Diserahkan Membantu Sembako ke Pondok Pesantren

    Hebat Siswa SMPN 8 Padang! Dana Perpisahan yang Mereka Kumpulkan Diserahkan Membantu Sembako ke Pondok Pesantren HarianHaluan.com - Pandemi corona yang terjadi saat ini memberikan banyak dampak terhadap kesehatan dan ekonomi masyarakat. Sehingga banyak masyarakat yang mengalami kesusahan dan banyak pula yang ikut berpartisipasi untuk me.
  • Rabu, 29 Januari 2020 - 22:37:44 WIB

    Baznas Kota Padang Panen Perdana Lele Bioflog

    Baznas Kota Padang Panen Perdana Lele Bioflog PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Salah satu Makna Zakat adalah Tumbuh dan berkembang, dan makna dari zakat itu juga harus di implementasikan Oleh lembaga Amil Zakat dalam hal ini BAZNAS Kota Padang dalam bentuk Program Pemberdayaa.
  • Senin, 27 Mei 2019 - 15:02:16 WIB

    DPRD Padang: Hati-hati Gunakan Dana Pokir

    DPRD Padang: Hati-hati Gunakan Dana Pokir PADANG, HARIANHALUAN.COM - Wakil Ketua DPRD Kota Padang Wahyu Iramana Putra Senin (27/5) mewanti-wanti,  anggota DPRD Kota Padang agar jangan sampai menjadikan dana pokok-pokok pikiran (pokir) sebagai lahan proyek. .
  • Jumat, 05 April 2019 - 00:54:38 WIB

    Pembaruan Marka Jalan di Padang Butuhkan Dana Rp200 juta

    Pembaruan Marka Jalan di Padang Butuhkan Dana Rp200 juta PADANG, HARIANHALUAN.COM - Banyaknya marka jalan yang mulai memudar dan butuh sentuhan kembali, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Padang akan lakukan pembaruan. Tahun ini, anggaran sebesar Rp200 juta akan dilayangkan untuk pemb.
  • Senin, 07 Januari 2019 - 13:07:37 WIB

    5 Jam Galang Dana, Ojek Online di Padang Kumpulkan Rp32 Juta

    5 Jam Galang Dana, Ojek Online di Padang Kumpulkan Rp32 Juta PADANG. HARIANHALUAN.COM-Puluhan driver ojek online yang tergabung dalam Forum Komunikasi Driver Online Padang (FKDOP) menggalang dana untuk korban bencana tsunami Lampung dan Banten..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]