Pencuri Motor Ditangkap Polisi


Senin, 25 Januari 2016 - 16:16:44 WIB
Pencuri Motor Ditangkap Polisi Pencuri Motor Ditangkap Polisi

SIJUNJUNG,HALUAN — Seorang pemuda bernama Trisna Arianto Simorangkir  alias Ari (21) warga Simpang Rumbio Kecamatan Lubuk Sikarah Kota Solok, Sabtu (23/1) terpaksa harus ber­urusan dengan pihak Kepo­lisian Resor Sijunjung, karena diduga melakukan tindak pidana pencurian kendaraan bermotor di Terminal Kiliran Jao, Kecamatan Kamang Ba­ru. Sementara satu pelaku lainnya berinisial “P” masih diburu.

Pengakuan Ari kepada petugas, dia disuruh oleh P yang baru dikenalnya bebe­rapa hari karena sama-sama berprofesi sebagai seorang pengamen di Terminal Kili­ran Jao untuk mengambil salah satu motor milik korban bernama Sahril (49) warga Jorong Sungai Ampang Ke­nagarian Sungai Lansek Ke­camatan Kamang Baru. Mo­tor itu  biasanya diparkir di depan warung milik korban, bahkan P menunjukkan di mana biasanya pelaku me­letakkan kunci motornya, karena P sering mangkal di warung milik korban.

 Ari tanpa pikir panjang langsung mengikuti perintah te­mannya tersebut dan me­lakukan aksinya pada Senin (18/1) dini hari sekitar pukul 05.00 WIB dengan diantar oleh P. Ari  langsung me­masuki kedai milik korban mengambil kunci sepeda mo­t­or yang tengah digantung di dalam warung dan menggasak sepeda motor Yamaha Mio Soul warna hitam merah dengan cara didorong sejauh kurang lebih sepuluh meter dari warung korban, ke­mu­dian dihidupkan dan dibawa pelaku ke Simpang Kiliran Jao bersama “P”.

Usai melancarkan aksi­nya, P dan Ari bertemu de­ngan Eka Putra (22) seorang pemuda Bisu yang dikenal pelaku di Terminal Kiliran Jao, kemudian P me­ning­galkan kedua orang tersebut. Pelaku Ari yang diduga masih amatiran meminta tolong kepada si pemuda bisu ter­sebut untuk membantu men­jual sepeda motor hasil curian, namun ditolak karena takut dengan polisi.

Ari yang geram dengan si bisu, kemudian mengambil sebuah ranting/kayu dan ke­mudian ditempelkan ke perut si bisu sambil diputar-putar sehingga mengalami memar di perut sebelah kirinya.

 Karena takut, pemuda bisu itu pun akhirnya mau menuruti keinginan Ari un­tuk menjual sepeda motor hasil curian tersebut, dengan me­ngajak seorang anak di bawah berinisial “R” sebagai pe­ner­jemah bahasa isyarat saat ber­temu dengan pembeli. Nahas, saat menawarkan sepe­da mo­tor dengan harga murah kepada salah seorang warga yang berada di salah satu kedai di Jorong Gantiang Kena­ga­rian Sijunjung kecamatan Sijunjung, warga menjadi cu­riga dan melaporkan infor­masi tersebut ke Polres sijun­jung. Anggota polisi pun da­tang dan langsung me­nga­man­kan si bisu dan pener­jema­h­nya ter­sebut dan menangkap pe­laku Ari di Terminal Ki­liran Jao berdasarkan kete­ra­ngan si bisu dan pener­jemah­nya.

Kapolres Sijunjung AKBP. Dwi Sulistyawan di­dam­pingi Ka­satreskrim AKP An­drian­syah Hasibuan mengatakan, Ari beserta barang bukti satu unit sepeda motor Nopol BA 6791 KV milik korban telah diamankan. Sementara pe­muda bisu dan penerjemahnya berstatus sebagai saksi. (h/ogi)

 

Kanit IV bersama Anggota Satreskrim Polres Sijunjung difoto dengan Ari Simorangkir (21) pelaku curanmor berikut barang bukti satu unit kendaraan roda dua yang diamankan dari tangan pelaku. (OGI)

 


 

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 28 Juni 2020 - 13:54:39 WIB

    Polisi Ungkap Peran Masing-masing Tiga Pelaku Pencurian Spesialis Elektronik

    Polisi Ungkap Peran Masing-masing Tiga Pelaku Pencurian Spesialis Elektronik HARIANHALUAN.COM - Unit Opsnal Polsek Pauh, Kecamatan Pauh, Kota Padang beberkan peran masing-masing tiga pelaku yakni Roma Rio (20), Nofrizo (33) dan Yudi Anggere (25) yang ditangkap pada lokasi yang berbeda..
  • Rabu, 24 Juni 2020 - 16:05:09 WIB

    Dua Pencuri Spesialis Sepeda Motor Berhasil Diamankan Polres Pariaman

    Dua Pencuri Spesialis Sepeda Motor Berhasil Diamankan Polres Pariaman HARIANHALUAN.COM - Jajaran Kepolisian Resor Pariaman berhasil menangkap tersangka pencuri spesialis sepeda motor pada Kamis (18/06). Tersangka ini mengaku telah melakukan 10 kali serupa berbagai Tempat Kejadian Perkara (TKP).
  • Jumat, 13 Oktober 2017 - 01:21:39 WIB

    Kawanan Pencuri di SDN 23 Sungai Tarap Dibekuk Polisi

    Kawanan Pencuri di SDN 23 Sungai Tarap Dibekuk Polisi TANAH DATAR, HALUAN - Empat orang pelaku pencurian di SDN 23 Sungai Tarab beberapa watu lalu akhirnya ditangkap Satreskrim Polsek Sungai Tarab. “Empat pelaku itu, masing-masing AF, AB, Y dan YF yang semuanya warga Batusang.
  • Sabtu, 09 September 2017 - 00:55:31 WIB

    Polisi Tembak dan Tangkap Pencuri Motor di Sawahlunto

    Polisi Tembak dan Tangkap Pencuri Motor di Sawahlunto SAWAHLUNTO, HALUAN—Sat Reskrim Polres Sawahlunto membekuk seorang pencuri sepeda motor berinisial R (26). Kapolres Sawahlunto, AKBP Zamroni Wibowo, mengutarakan, anggotanya menembak kaki R karena ia berusaha melarikan diri .
  • Senin, 15 Mei 2017 - 02:21:15 WIB

    Aksi Pencurian Mulai Marak di Pasaman

    PASAMAN, HALUAN - Warga Padanggelugur, Kabupaten Pasaman kini dibuat resah. Itu menyusul maraknya aksi pencurian yang menyasar sejumlah rumah warga Muarabangun, Jorong Selamat Utara, Nagari Sitombol akhir-akhir ini. .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]