Halaman Sekolah tak Memadai

SMPN 2 Patamuan Tetap Gelar Upacara


Selasa, 26 Januari 2016 - 03:02:57 WIB
SMPN 2 Patamuan Tetap Gelar Upacara KEPALA Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Patamuan, Alizar saat melakukan upacara di pinggir badan jalan, Senin (25/1), karena sekolah tersebut tidak memiliki pekarangan untuk melaksanakan upacara dan kegiatan lainnya. (BUSTANUL ARIFIN)

PADANG PARIAMAN, HALUAN —  Meski hanya memiliki halaman pekara­ngan sekolah tidak memadai, tapi semua siswa dan siswi Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Patamuan tetap melaksanakan upacara bendera Senin (25/1). Upa­cara perdana yang dilakukan secara tersendiri dihadiri semua majlis guru, karena sebelumnya upacara berg­a­bung dengan sekolah dasar (SD) yang berada di samping SMPN tersebut.

Kepala SMPN 2 Pata­muan, Alizar kepada Haluan Senin (25/1) menyebutkan, upacara bendera sekarang ini adalah perdana diadakan di pekarangan sekolah ini, kare­na selama ini masih menom­pang dihalaman SD yang ada di samping sekolah ini. “Ini adalah upacara bendera per­dana bagi SMPN 2 Patamuan semenjak berdiri sekolah ini delapan tahun yang lalu,” ujar Alizar yang didampingi wa­kilnya Riswandi.

Baca Juga : Gas Tabung Melon Mulai Langka di Muara Labuh

Dia menjelaskan, kalau selalu bergabung dengan SD tentu tidak ada kebebasan dalam menyampaikan pesan untuk anak-anak didik. “Ka­lau dilakukan dengan sendiri tentu bisa dilakukan upacara dengan tertib, artinya dengan siswa SMPN saja upacara berjalan dengan aman tertib karena siswa dan siswi hanya berjumlah sekitar 50 orang,” terangnya.

Upacara yang dilakukan di pinggir jalan ini memang ketiadaan lapangan, semen­tara pihak dinas memang mewajibkan setiap sekolah harus melaksanakan upacara bendera. “Untuk upacara bendera ini dinas terkait me­merintah agar setiap sekolah wajib melaksanakan upacara bendera di masing-masing sekolah,” katanya.

Baca Juga : Sutan Riska Tuanku Kerajaan: Sepelekan Protkes, Corona Tak Akan Hilang

Di sekolah ini katanya, lapangan atau pekarangan sekolah tidak ada, makanya dilakukan meski dipinggir jalan sekalipun sangat mem­bahayakan terhadap anak-anak. “Meski hanya ada pe­karangan sedikit di pinggir jalan, maka upacara dilak­sanakan di pinggir jalan terse­but. Jadi semua siswa dan siswi berbaris-baris dipinggir badan jalan,” ujarnya.

Untuk itu katanya, kepada pemerintah melalui dinas terkait sangat mengharapkan bantuan dan mencarikan solu­si agar mendapatkan peka­rangan atau lapangan untuk melaksanakan upacara ben­dera. “Saya sangat mengha­rapkan kepada pemerintah melalui dinas terkait untuk memberikan bantuan serta mencarikan solusi agar seko­lah ini memiliki pekarangan yang bagus untuk melak­sanakan kegiatan sekolah lainnya,” harap Alizar yang diamini oleh Riswandi. (h/bus)

BERITA POPULER Index »


Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]