Dinkes Giatkan Program Pencegahan HIV/AIDS


Selasa, 26 Januari 2016 - 03:07:06 WIB

AROSUKA, HALUAN — Dinas Kesehatan Kabupaten Solok terus melakukan langkah-langkah terobosan untuk mencegah terjadinya penyebaran penyakit HIV/ AIDS di daerah penghasil beras itu.

Upaya itu setidaknya dilakukan dengan telah terbentuknya Komisi Peduli Aids (KPA) dan menggalakan PKPR (Program Kesehatan Peduli Remaja) yang dianggap rentan terpengaruh atau terjerumus dalam pergaulan sex bebas.

“Dengan PKPR tersebut membuat para remaja berusia 15 hingga 25 tahun itu, bisa membentengi diri mereka dari bahaya negatif pergaulan seks bebas,” kata Kadis Kesehatan Kab. Solok, Dr Mirsal menjawab Haluan di Arosuka, Senin (25/1) kemarin.

Dinas Kesehatan Kabupaten Solok kata Mirsal, juga telah membentuk Tim Konseling pada sejumlah Puskesmas di Kabupaten Solok, dalam rangka memberi penyuluhan tentang apa itu penyakit HIV/AIDS dan bagaimana pencegahanya kepada masyarakat. “Sebenarnya yang terpenting agar kita tidak terkena penyakit HIV/AIDS itu adalah dengan cara hindari seks bebas,” katanya.

“Sosialisasi ini juga dilakukan melalui pamflet/brosur atau selebaran dan penyu­luhan lapangan oleh petugas kesehatan kepada masyarakat, hingga ke tingkat nagari bahkan ke jorong-Jorong,” pungkasnya.

Dari data yang dimiliki oleh Dinkes setempat, sampai saat ini da 16 orang pasien yang terjangkit HIV (Human Immu­nodeficiency Virus) / AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome atau Acquired Immune Deficiency Syndrome) di Kabupaten Solok. Sementara dari 16 warga yang terjangkit HIV tersebut, 2 orang telah meninggal dunia pada akhir 2015. Para pasien ini, tambah Mirsal, juga telah berobat secara rutin di sebuah puskesmas di kab. Solok dan rumah sakit di Kota Padang, dan Kota Solok. “ Mereka terjangkit HIV/AIDS saat masih berada di luar daerah. Setelah terkena penyakit tersebut, mereka kembali pulang ke kampung halamannya Solok,” terang Mirsal. (h/ndi)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]