Disiplin Pegawai Makin Rendah


Selasa, 26 Januari 2016 - 03:07:50 WIB

AROSUKA, HALUAN — Disiplin pegawai di ling­kup Pemerintahan Kabupaten Solok semakin rendah. Terlebih  Pasca pelak­sanaan Pemilu Kada serentak pada 9 Desember 2015 lalu, banyak kantor-kantor SKPD yang terlihat lengang. Keba­nyakan para pegawai hanya datang untuk mengisi absen pada pagi hari saja, selepas itu mereka hilang entah kemana.

Kondisi ini praktis meng­undang pertanyaan dari se­jum­lah awak media yang se­hari-hari mangkal di komplek kantor Bupati yang berhawa sejuk itu. Ada yang me­nang­gapi dengan positif dan ada pula yang menanggapi dengan nada sinis. “Banyak pegawai-pegawai SKPD yang mela­kukan “study” ke luar daerah. Namun tentunya tidak semua SKPD melakukan perjalana keluar daerah. Ini yang jadi pertanyaan, atau mungkin mereka ikut Gafatar?,” sindir Sofriwandi, salah seorang awak media yang biasa mang­kal di Arosuka.

Terkait disiplin ini, pa­dahal jauh-jauh hari Pj Bupati Solok  Devi Kurnia telah menegaskan akan menindak tegas para ASN yang tidak disiplin dalam menjalankan tugas. Namun hal ini seolah dianggap sebagai angin lalu saja, karena tetap saja tidak berdampak terhadap ke­ha­diran dan disiplin para pega­wai. Sementara itu, Kepala Badan Kepengawaian Daerah (BKD) Kabupaten Solok Em­rizal , jika ditemukan Pegawai yang tidak melakukan tugas­nya dengan baik, hal tersebut menurutnya merupakan satu bentuk pelanggaran terhadap aturan ASN. “Seorang PNS seharusnya datang pukul 07.­15 sudah apel dan 07.45 sudah masuk kerja, usai apel, dan bagi PNS yang piket harus sesuai dengan shiftnya, harus datang di jam yang telah di­ten­tukan,” jelasnya.

Ia menambahkan, semua pegawai yang tidak disiplin akan diberlakukan sesuai aturan kepegawaian yaitu PP 53. Itu menjadi tanggunjawab kepala dinas masing-masing untuk mencatat keluar masuk­nya pegawai. Jika disaat jam dinas, setiap pegawai yang keluar meninggalkan pekerja­an harus mengantongi izin terlebih dahuli dari kepala dinas. “Kalau keluar tugas, harus ada surat tugas, keluar makan sebelum jam istirahat pun harus izin, kalau tidak ada, tidak boleh keluar,” bebernya.

Pihaknya dalam waktu dekat akan memeriksa daftar hadir pegawai. Kalau semu­anya tidak bolong itu diper­tanyakan kebenarannya, dan yang terlalu banyak bolong juga diper­ta­nyakan. Sanksi berupa teguran juga disiapkan oleh BKD. “Tegurannya sis­tem berjenjang, BKD juga akan melakukan sidak ter­hadap pegawai yang nakal,” jelasnya. (h/ndi)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 10 Juni 2020 - 11:41:55 WIB

    Era Normal Baru, Sabar AS Minta Masyarakat Disiplin dan Patuhi Protokol Kesehatan

    Era Normal Baru, Sabar AS Minta Masyarakat Disiplin dan Patuhi Protokol Kesehatan HARIANHALUAN.COM -- Memasuki era kenormalan baru, Anggota Komisi 4 DPRD Provinsi Sumatera Barat, Sabar AS meminta masyarakat untuk disiplin dan tetap mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19 kembali mereb.
  • Selasa, 26 Mei 2020 - 13:48:39 WIB

    Bupati Hendrajoni Ajak Masyarakat Tetap Disiplin dengan Protokol Covid-19

    Bupati Hendrajoni Ajak Masyarakat Tetap Disiplin dengan Protokol Covid-19 HARIANHALUAN.COM -- Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni mengajak masyarakat untuk terus meningkatkan disiplin dengan mematuhi protokol kesehatan penanganan Covid-19..
  • Sabtu, 18 Februari 2017 - 09:16:32 WIB

    Bupati Keluhkan Disiplin ASN di Limapuluh Kota

    Bupati Keluhkan Disiplin ASN di Limapuluh Kota LIMAPULUH KOTA, HALUAN- Persoalan disiplin dan pengawasan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Limapuluh Kota, terus menjadi perhatian. Sebab itu, perbaikan mental dan kinerja aparatur ke depan menjadi hal.
  • Kamis, 06 Oktober 2016 - 02:14:39 WIB

    PNS Tak Disiplin Akan Dipecat

    PNS Tak Disiplin Akan Dipecat PADANG PARIAMAN, HALUAN — Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni minta inspektorat untuk menindak tegas dan memberi hukuman disiplin terhadap aparatur sipil negara (ASN) yang tidak masuk kantor..
  • Jumat, 20 Mei 2016 - 03:51:02 WIB

    Guru Diminta Lebih Disiplin Mengajar

    Guru Diminta Lebih Disiplin Mengajar PASAMAN, HALUAN — Kepala Dinas Pendidikan Pasaman, Khairil Anwar meminta seluruh guru di daerah itu meningkatkan disiplin dalam mengajar untuk keberhasilan peserta didik..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]