BAZ Serahkan Santunan Korban Kebakaran Singkarak


Selasa, 26 Januari 2016 - 03:09:03 WIB
BAZ Serahkan Santunan Korban Kebakaran Singkarak KETUA BAZ Kab. Solok Drs. H. Khairi Yusri menyerahkan Santunan kepada korban kebakaran di Nagari Singkarak, Kamis (21/1). (YUTIS WANDI)

AROSUKA, HALUAN—Se­banyak 4  Kepala Keluarga (KK) korban kebakaran pada Selasa, (19/1) di Jorong Da­limo, Nagari Singkarak, Keca­matan X Koto Singkarak me­ne­rima santunan dari Badan Amil Zakat (BAZ) Kabu­paten Solok , Kamis (21/1) lalu. Penyerahan santunan kepada korban ini, diserahkan langsung oleh ketua BAZ kab. Solok H. Khairi Yusri didam­pingi Camat X Koto Sing­karak Drs. Irwan Efendi dan Kakemenag Kab. Solok yang diwakili oleh Ka TU Syamsir S.Pd.  

Masing-masing korban yang menerima santunan itu adalah Rustiam, Nurayani, dan Animar. Ketiga korban ini tidak tinggal di satu rumah, hanya dinding kediamannya menyatu. Ketiganya masing-masing mendapat bantuan Rp.3 juta. Sedangkan korban Hendrison yang rumahnya juga berdampingan dengan Ketiga korban lainnya men­dapat bantuan sebesar Rp1,5 juta.

Ketua BAZ Kabupaten Solok, Khairi Yusri menga­takan, perbedaan pemberian uang zakat ini dipengaruhi faktor kerugian yang diderita oleh para korban. Tiga korban diberi bantuan Rp.3 juta kare­na semua rumahnya hangus terbakar, dan nyaris tidak ada barang-barang di dalam ru­mah yang berhasil disela­matkan. Sedangkan korban Hendrison, rumahnya hanya kena jilatan api dan tidak membakar seluruh rumah. 

Dengan jumlah yang re­latif kecil, Khairi Yusri ber­harap, para korban dapat menerima­nya dengan ikhlas. Sebab, nomi­nal itulah yang bisa dikeluarkan BAZ. “Ja­ngan lihat nilainya, tapi guna­kanlah untuk keper­luan dan kebutuhan rumah­tangga,” harap Khairi yang juga didam­pingi Sekretaris BAZ Rifa’i Mahyunar. 

Disamping itu, Khairi juga berharap, agar para korban tetap sabar dan tawakkal menerima semua ketentuan ini. Sebab, tidak ada manusia yang menginginkan musibah seperti ini. Semuanya terjadi karena izin dan kehendak Allah. “Semoga kita percaya, musibah diberikan untuk me­nguji kesabaran,” kata Ketua BAZ yang juga Kepala BPM Kabupaten Solok itu. 

Terhadap bantuan itu, Wa­li Nagari Singkarak Arman mengapresiasi pihak BAZ yang telah membantu me­ringankan beban warganya. Kedepan, pihaknya juga ber­janji akan mengupayakan bantuan untuk pembangunan rumah bagi tiga KK korban kebakaran yang kediamannya rata dengan tanah.

Seperti diketahui, rumah Empat keluarga ini dilalap sijago merah pada hari Selasa (19/1), sekitar jam 15.50 Wib. Meski tak menelan korban jiwa, namun akibat kebakaran yang diduga kuat karena kons­leting arus pendek itu, Tiga KK kehilangan rumah dan seluruh isinya. (h/ndi)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 03 Agustus 2020 - 20:35:53 WIB

    Baznas Pessel Raih Penghargaan Pengelola Zakat Patuh Syariah

    Baznas Pessel Raih Penghargaan Pengelola Zakat Patuh Syariah HARIANHALUAN.COM - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pesisir Selatan mendapat penghargaan sebagai lembaga pengelolaan zakat patuh syariah kategori A atau amat baik..
  • Kamis, 30 Juli 2020 - 10:45:15 WIB

    Atasi Lonjakan Bahan Pokok Jelang Idul Adha, Pemkab Agam Gelar Bazar

    Atasi Lonjakan Bahan Pokok Jelang Idul Adha, Pemkab Agam Gelar Bazar HARIANHALUAN.COM - Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Agam bekerjasama dengan Toko Tani Indonesia Center (TTIC) Sumatera Barat untuk menggelar bazar kebutuhan pokok di halaman kantor DPKP menjelang hari ray.
  • Selasa, 14 Juli 2020 - 20:06:22 WIB

    DPRD Ingatkan Baznas Padang Pariaman Jangan Ditumpangi Kepentingan Politik

    DPRD Ingatkan Baznas Padang Pariaman Jangan Ditumpangi Kepentingan Politik HARIANHALUAN.COM - Pimpinan Badan Amil Zakal Nasional (Baznas) Padang Pariaman periode 2020-2025 telah dilantik, diharapkan Baznas kedepanya lebih baik kedepanya dalam pengelolaan uang zakat yang telah dihimpun..
  • Selasa, 14 Juli 2020 - 18:52:34 WIB

    Pengurus Baznas Periode 2020-2025 Resmi Dilantik

    Pengurus Baznas Periode 2020-2025 Resmi Dilantik HARIANHALUAN.COM - Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni melantik pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Padang Pariaman Periode 2020-2025 pada Selasa, (14/7) di Hall Kantor Bupati Padang Pariaman..
  • Rabu, 08 Juli 2020 - 09:45:04 WIB

    Laporan Keuangan Baznas Sawahlunto Wajar Tanpa Pengecualian

    Laporan Keuangan Baznas Sawahlunto Wajar Tanpa Pengecualian HARIANHALUAN.COM - Hasil Audit independen Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Sawahlunto untuk laporan keuangan tahun 2019 diapresiasi dengan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Laporan keuangan BAZNAS Sawahlunto sendiri diau.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]