Akibat Longsor dan Banjir

Butuh Rp10 Miliar untuk Pemulihan Infrastruktur


Selasa, 26 Januari 2016 - 03:18:17 WIB

SAWAHLUNTO, HALUAN — Pemerintah Kota Sawahlunto butuh setidaknya dana sebesar Rp10 miliar, untuk me­mu­lihkan kembali berbagai in­fras­truktur yang rusak akibat bencana longsor dan banjir, yang melanda beberapa titik di kota ini beberapa waktu lalu.

Saat ini pihak Kesatuan Bangsa Politik dan Pe­nang­gulangan Bencana Daerah (Kebangpol PBD) Kota Sa­wah­lunto tengah melakukan koordinasi dengan peme­rin­tah pusat terkait kebutuhan dana itu.

Kepala Badan Kebangpol PBD Sawahlunto Aswen te­mui Haluan kemarin (25/1) mengatakan, dana Rp10 mi­liar itu nantinya akan kita manfaatkan untuk me­mulih­kan kembali berbagai infras­truktur yang rusak akibat bencana banjir dan longsor, diantaranya perbaikan jem­batan, irigasi, perbaikan te­bing longsor di kawasan Sa­ringan termasuk perbaikan sekitar 100 hektar areal persa­wahan warga.

“Bencana longsor dan ban­jir yang melanda Sawah­lunto pada 7 Januari lalu, cukup banyak memporak po­ran­dakan persawahan warga, termasuk saluran irigasi dan jembatan, juga beberapa ka­wasan perbukitan yang ikut longsor, mengakibatkan bebe­rapa rumah rusak berat dan sedang yang ditotal keru­giannya mencapai Rp4 mi­liar,” katanya.

Kondisi cuaca yang tidak mementu seperti sekarang sebut Azwen, hendaknya war­ga senantiasa meningkatkan kewaspadaanya, terlebih cu­rah hujan yang sangat tinggi, akan dapat menimbulkan ben­cana banjir dan longsor yang sewaktu waktu bisa terjadi. Apalagi Sawahlunto yang topografinya berbukit bukit, sangatlah rawan dengan bencana longsor termasuk banjir.(h/mg-rki)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 02 Juli 2020 - 13:08:04 WIB

    Masyarakat Nagari Muaro Tais Butuh Jaringan Internet

    Masyarakat Nagari Muaro Tais Butuh Jaringan Internet HARIANHALUAN.COM - Masyarakat Nagari Muaro Tais, Pintu Padang dan Lubuak Godang amat senang dengan kunjungan dan kehadiran rombongan Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit Datuak Malintang Panai bersama beberapa Organisasi.
  • Rabu, 27 Mei 2020 - 23:46:04 WIB

    Butuh 2 Unit Ambulans Covid-19, RSUD Solsel Usulkan Rp1 Miliar

    Butuh 2 Unit Ambulans Covid-19, RSUD Solsel Usulkan Rp1 Miliar HARIANHALUAN.COM -- Dalam upaya penanganan tanggap darurat Covid-19, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Solok Selatan (Solsel) usulkan pengadaan dua unit mobil ambulans khusus senilai Rp1 miliar atau Rp500 juta per-unit..
  • Selasa, 26 Mei 2020 - 19:34:00 WIB

    Hendrajoni: Lawan Covid-19 Butuh Kerja Keras Bersama

    Hendrajoni: Lawan Covid-19 Butuh Kerja Keras Bersama HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan terus konsen dalam penanganan Covid-19 (Corona), melalui Team Satgas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid -19 (Corona). .
  • Senin, 18 Mei 2020 - 18:03:30 WIB

    Kaum Difabel Pessel Dapat Bantuan Kebutuhan Pokok

    Kaum Difabel Pessel Dapat Bantuan Kebutuhan Pokok HARIANHALUAN.COM -- Setelah membagikan sembako kepada garin (marbot) masjid pada minggu lalu, kini giliran kaum disabilitas mendapat bantuan sembako dari Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan. .
  • Kamis, 14 Mei 2020 - 15:29:45 WIB

    Mengidap Tumor, Juni Warga Korong Pauh Manih Butuh Biaya Pengobatan

    Mengidap Tumor, Juni Warga Korong Pauh Manih Butuh Biaya Pengobatan HarianHaluan.com - Juni Arita (36) hanya bisa terbaring ditempat tidur di rumah orangtuanya di Korong Puah Manih, Nagari Koto Dalam Selatan, Kecamatan Padang Sago, Kabupaten Padang Pariaman..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]