Pemeritahan Desa Harus Segera Bentuk BUMDes


Selasa, 26 Januari 2016 - 03:19:14 WIB

SAWAHLUNTO, HALUAN — Siap tidak siap, Pemerintah Desa yang ada di Kota Sa­wahlunto, tahun anggaran 2016, harus segera mem­ben­tuk dan Mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUM­Des). Hal ini sesuai dengan amanat Undang Undang No­mor 32 tahun 2004 Pasal 213 dan Peraturan Pemerintah Nomor 72 tahun 2005, yang ditujukan untuk mening­kat­kan pendapatan masyarakat.

Pendirian BUMDes terse­but, kata Kepala Bagian Pere­konomian Stdako Sawahlunto Adri Yusman, tidaklah sulit hanya perlu tertuang pada Peraturan Desa (Perdes), dengan adanya aturan pen­dirian BUMDes pada Perdes itu, akan dapat menggali se­tiap potensi yang dimiliki oleh 27 desa yang ada di kota ini.

“Jika setiap desa telah punya BUMDes, maka semua potensi, sebut saja penge­lolaan aset aset Sumber daya alam, contohnya Desa Rantih bentuk BUMDes dengan ba­sis potensi wisata,  Desa Sika­lang, bentuklah BUMDes  usaha konveksi, serta Desa Silungkang  BUMDes yang berbasis usaha pertenunan masyarakat.Untuk men­du­kung desa mendirikan dan menjalankan program ini, pemerintah akan men­dam­pingi dengan dibantu oleh beberapa orang tenaga ahli dari pusat, sertapen­dampi­ngan dari tenaga pendamping desa yang telah direkrut oleh Pemerintah Kota,’’ katanya kepada Haluan Senin (25/1). 

Pendirian BUMDes mo­dalnya bisa berasal dari pe­merintah desa, tabungan ma­syarakat, bantuan pemerintah, pinjaman dan penyertaan modal pihak lain, dikelola oleh pemerintah desa bersama masyarakat.Dengan adanya BUMDes akan dapat menge­lola unit unit ekonomi yang ada didesa masing masing, sehingga dapat membantu penyediaan kebutuhan usaha produktif terutama bagi ke­lompok miskin pedesaan, mengurangi praktek rentenir dan menciptakan pemerataan kesempatan berusaha serta meningkatkan pendapatan warga desa. 

“Pengelola BUMDes ti­dak usah takut dan ragu, di­mana untuk pengem­bangan­nya akan dibantu oleh Kemen­trian Desa dan Transmigrasi, termasuk pemerintah ko­ta. Banyak man­faat yang didapat apabila masing masing desa telah memiliki BUMDes. Ka­rena pendapatan yang diraih nantinya akan dapat digu­nakan untuk kesejahteraan  masyarakatnya.Selain itu jika 27 ini telah mempunyai BUM­Des maka Sawahlunto akan dija­dikan pilot projek untuk pe­ngem­bangan BUMDes di wila­yah Provinsi Sumatra Barat,’’ terang Adri Yusman.(h/mg-rki)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]