Sawahlunto Kembangkan Pakan Alami


Selasa, 26 Januari 2016 - 03:19:47 WIB

SAWAHLUNTO, HALUAN — Menyiasati tingginya harga pakan ikan di pasaran, Pemerintah kota Sa­wah­lunto melalui Dinas Per­tanian dan Kehutanan Bi­dang Peter­nakan dan Peri­kanan, akan melakukan pe­ngem­bangan pemanfaatan pakan ikan berbahan alami. Caranya, dengan bahan da­sar produksinya dari limbah limbah pasar seperti ampas tahu, ikan kerang yang su­dah busuk.

Kepala Bidan Peterna­kan dan Peri­kanan Disper­tahut Sawahlunto Heri Sut­risno menyebutkan, peman­faatan limbah limbah pasar tersebut sebagai bahan da­sar pemuatan pakan ikan, diharapkan akan mampu menekan harga pakan ikan di pasaran,. Selain itu juga dapat me­ning­katkan penda­patan kelompok masyarakat pelaku budidaya ikan pada saat panen nanti.

Heri mengakui, harga pakan ikan di pasaran cukup menyulitkan pembudidaya ikan di Sawahlunto, dan hal itu menjadi kendala tersen­diri bagi pengembang ikan perairan darat oleh kelom­pok warga.”Saat ini harga pakan ikan mencapai Rp9 ribu hingga Rp10 ribu per-kilogramnya.Padahal harga idealnya untuk kondisi har­ga ikan sekarang dikisaran Rp6 ribu perkilonya,’’ kata Heri.

Selain pemanfaatan lim­bah untuk pembuatan pakan ikan, pihaknya juga akan mengoptimalkan instakasi pengolahan pakan ikan yang ada dilokasi Balai Benih Ikan (BBI) di Kecmatan Silungkang, sekaligus me­mak­simalkan fungsi BBI dalam memenuhi kebu­tu­han bibit ikan ma­syara­kat. Dengan demikian akan mam­pu mem­perkecil biaya produksi proses pem­beni­han, yang juga bisa mem­perbanyak benih yang akan dihasilkan.

“Pemanfaatan pakan ikan berbahan alami itu nantinya, juga akan men­dukung program peme­rin­tah kota dalam mencapai target produksi ikan ditahun 2016 ini sebesar 200 ribu ton, yang ke depannya akan dapat menyangga kebu­tu­han konsumsi ikan masya­rakat, dan menumbuhkan ekonomi di sektor budidaya ikan perairan darat yang ada di kota Sawahlunto,’’ jelas­nya.(h/mg-rki)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]