Harga Gambir di Pesisir Selatan Naik


Selasa, 26 Januari 2016 - 03:26:17 WIB
Harga Gambir di Pesisir Selatan Naik Seorang petani gambir di Kecamatan Sutera, Pesisir Selatan sedang mengolah getah gambir, Senin (25/1). Harga jual gambir saat ini naik sampai harga Rp20.000 per kg dari sebelumnya Rp11.000 per kg.

PAINAN, HALUAN — Hing­ga Senin (25/1), harga komo­ditas gambir di Pessel me­nem­bus harga Rp20.000 per kilogram (kg). Kenaikan har­ga terjadi akibat tingginya permintaan akhir-akhir ini.

Ujang Kemel (43), petani gambir di Sutera meng­ung­kapkan, ia merasa sudah dapat bernafas lega dengan harga yang ada saat ini karena harga gambir yang tidak me­ngun­tungkan telah terjadi beberapa tahun belakangan.

Sementara Erman (45), petani gambir lainnya di Sutera menyebutkan, ia kini bisa menjual gambir kering kepada pedagang seharga Rp20.000 per kg.

“Harga itu sudah mem­be­rikan keuntungan bagi peta­ni. Kami tidak lagi tekor ke­tika mengolah gambir. Ki­ni ka­mi bisa menutupi biaya ope­rasional, mulai dari biaya pe­rawatan, biaya panen hing­ga kempa. Dengan har­ga Rp­20.­000, kami tidak lagi ber­hu­tang,” ujarnya saat dite­mui Haluan di Pasar Suran­tiah.

Ia menyampaikan, sebe­lum harga jual gambir naik, ia sangat  tertekan saat men­jual produksi gambirnya. Selama ini, pedagang hanya mematok harga Rp11.000 per kg. Dengan harga itu, ia tidak sanggup membiayai berbagi kebutuhan keluarga, misalnya biaya sekolah anak anak dan kebutuhan rumah tangga.

“Kami berharap harga gambir bertahan jika sulit untuk naik,” sebutnya.

Terjadinya kenai­kan harga gambir tersebut, menurut Chandra (37), pedagang pe­nge­pul di Surantiah, dise­bab­kan harga di tingkat eksportir cukup baik. “Pasaran luar negeri se­dang baik,” katanya.

Empat tahun sebelumnya, kata Chandra, harga gambir malah sempat melambung sampai melebihi harga saat ini. Petani gambir di Pesisir Selatan ketika itu bergairah merawat dan memanen daun gambirnya. Bahkan, ladang gambir yang selama setahun belakangan ditinggalkan pe­miliknya, kembali dikelola dengan baik.

“Terjadinya kenaikan har­ga gambir di Pesisir Selatan ketika itu disebabkan me­ning­katnya permintaan pasar luar negeri, terutama India, se­mentara produksi gambir sedikit. Selain itu, kenaikan harga gambir juga dipicu makin bertambahnya jumlah eksportir gambir di Sumatera Barat. (h/har)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 13 Agustus 2020 - 07:51:01 WIB

    Sempat Menukik Tajam, Kamis Pagi Harga Emas Nanjak Lagi

    Sempat Menukik Tajam, Kamis Pagi Harga Emas Nanjak Lagi HALUANRIAU.CO-Sehari setelah mengalami  penurunan terburuk dalam tujuh tahun terakhir, harga emas merangkak naik pada akhir perdagangan pada Rabu atau Kamis pagi WIB (13/8/2020)..
  • Senin, 10 Agustus 2020 - 06:51:19 WIB

    Harga Emas Makin Berkilau, Pertimbangkan Ini Sebelum Beli

    Harga Emas Makin Berkilau, Pertimbangkan Ini Sebelum Beli HARIANHALUAN.COM - Harga emas Antam terus menanjak beberapa waktu belakangan dan tembus rekor sejalan dengan pandemi Corona. Pekan lalu, harga emas sempat menembus angka Rp 1.065.000 per gram. Sejumlah analis memperkirakan ha.
  • Kamis, 06 Agustus 2020 - 13:39:56 WIB

    Rekor Lagi, Harga Emas Diramal akan Terbang Tinggi Sentuh Rp 1,8 Juta/gram

    Rekor Lagi, Harga Emas Diramal akan Terbang Tinggi Sentuh Rp 1,8 Juta/gram HARIANHALUAN.COM - Reli harga emas yang terjadi di sepanjang tahun ini diperkirakan masih akan berlanjut dan membawa emas terbang lebih tinggi. Kamis pagi waktu Asia (6/8/2020), harga emas dunia menguat tipis cenderung flat p.
  • Kamis, 06 Agustus 2020 - 09:49:19 WIB

    Harga Emas Naik Terus, Hari Ini Tembus Rp 1,05 Juta/Gram

    Harga Emas Naik Terus, Hari Ini Tembus Rp 1,05 Juta/Gram HARIANHALUAN.COM - Harga emas Antam hari ini kembali mencetak rekor. Harga emas hari ini naik Rp 6.000/gram dari harga emas kemarin dan dijual di level Rp 1.054.000 per gram..
  • Selasa, 04 Agustus 2020 - 12:59:49 WIB

    Harga Cabai Rawit Melonjak di Solok, Cabai Keriting Disalip

    Harga Cabai Rawit Melonjak di Solok, Cabai Keriting Disalip HARIANHALUAN.COM - Cabai rawit mulai menyalip cabai keriting di tingkat pedagang pengumpul di pasar sayur komplek terminal Bareh Solok pada Selasa (4/8/2020) pagi. Harga cabai rawit dibanderol Rp30 ribu sampai Rp32 ribu per k.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]