Hari Ini, KPU Limapuluh Kota Tetapkan Calon Terpilih

MK Tolak Gugatan Asyirwan Yunus-Ilson Cong


Selasa, 26 Januari 2016 - 03:40:27 WIB

PADANG, HALUAN — Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan pasangan calon Asyirwan Yunus- Ilson Cong terhadap hasil Pilkada Bupati Lima Puluh Kota 9 Desember 2015 lalu, karena selisih perolehan suara di atas 1,5%. Pembacaan amat putusan MK tersebut dibacakan dalam sidang pleno MK yang dipimpin Ketua MK Arief Hidayat, di gedung MK, Senin (25/1).

Dengan adanya putusan MK tersebut, maka di­pastikan pasangan calon Irfendi Arbi- Ferizal Ridwan yang dalam Pilkada 9 Desember lalu memperoleh 50.733 suara atau 32.70% tersebut akan memimpin Kabupaten Lima Puluh Kota untuk lima tahun ke depan.

Dalam amar putusan MK disebutkan bahwa Bahwa jumlah penduduk di wilayah Kabupaten Lima Puluh Kota berdasarkan Data Agregat Kependudukan per keca­matan (DAK2) tanggal 17 April 2015 sebanyak 366.169 jiwa (vide bukti TB01).

“Dengan demikian, berda­sarkan Pasal 158 ayat (2) huruf b UU 8/2015 dan Pasal 6 ayat (2) huruf b PMK 1-5/2015 perbedaan perolehan suara antara Pemohon de­ngan pasangan calon peraih suara terbanyak untuk dapat diajukan permohonan per­selisihan hasil pemilihan ke Mahkamah adalah paling banyak sebesar 1,5 %,” bunyi amar putusan MK tersebut.

Perolehan suara Pemo­hon adalah sebanyak 37.940 suara. Sedangkan pasangan calon peraih suara terbanyak (Pihak Terkait/ Irfendi Arbi- Ferizal Ridwan) mem­pero­leh sebanyak 50.733 suara. Sehingga

selisih perolehan suara antara pemohon dengan pasa­ngan calon peraih suara terba­nyak (pihak terkait) adalah sejumlah 12.793 suara (25,22%).

Berdasarkan Pasal 158 UU 8/2015 serta Pasal 6 PMK 1-5/2015, MK berpen­dapat bahwa jumlah pen­duduk Kabupaten Limapuluh Kota adalah 366.169 jiwa. Jumlah perbedaan perolehan suara antara pemohon dengan pasangan calon peraih suara terbanyak untuk dapat diaju­kan permohonan perseli­sihan hasil pemilihan ke MK adalah paling banyak 1,5%.

Perolehan suara pemo­hon adalah 37.940 suara, sedangkan perolehan suara pihak terkait (pasangan calon peraih suara terbanyak) ada­lah 50.733 suara. Dengan demikian, batas maksimal jumlah selisih antara Pemo­hon dengan peraih suara ter­banyak (Pihak Terkait) yang ditentukan adalah paling banyak 761 suara.

Adapun perbedaan pero­lehan suara antara Pemohon dan Pihak Terkait (peraih suara terbanyak)

adalah 12.793 suara atau 25,22%. Sehingga perbedaan perolehan suara melebihi batas maksimal. “Berda­sar­kan pertimbangan hukum di atas, Pemohon tidak me­menuhi ketentuan Pasal 158 UU 8/2015 dan Pasal 6 PMK 1-5/2015,” bunyi amar pu­tusan MK yang dibacakan secara bergantian oleh hakim konstitusi.

Terkait dengan tenggang waktu pengajuan gugatan yang diajukan pasangan calon Asyirwan Yunus- Ilson Cong, MK berpendapat Pemohon diajukan masih dalam teng­gang waktu pengajuan per­mohonan yang ditentukan ketentuan peraturan perun­dang-undangan.

Koordinator Divisi Hu­kum KPU Sumbar Nurhaida Yetti mengatakan, sama de­ngan putusan hasil sidang Pilgub di MK KPUKa­bupa­ten Limapuluh Kota bahwa MK menolak semua materi gugatan dari pemohon dan menerima esepsi dari KPU Limapuluh Kota.

Ia mengatakan, gugatan PHP pemilihan kepala dae­rah telah ditolak oleh majelis hakim. Dengan demikian, sesuai dengan aturan yang ada satu hari setelah putusan dari MK maka KPU harus segera melakukan penetapan calon terpilih.

“Artinya, hari ini Selasa (26/1) KPU sudah melakukan penetapan calon terpilih. Ka­mi memang tidak hadir men­dampingi Limapuluh Kota dalam putusan sidang tersebut, karena kemarin kan provinsi juga menetapkan gubernur dan wakil terpilih di sumbar,” ujarnya.

Diketahui, KPU Lima­puluh Kota merupakan salah satu dari enam KPU yang digugat di MK. Tiga KPU sudah diputus Senin (18/1), yakni Pasaman, Tanah Datar, dan Kabupaten Solok. Se­dang­kan KPU Sumbar Jumat (22/1). Untuk KPU Solok Selatan pihaknya masih me­nunggu jadwal, kalau dari jadwal yang dilihatnya di MK untuk hari ini, Selasa (26/1) tidak tampak tertulis jadwal sidang KPU solsel. (h/sam/rin)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]