UNP Sediakan 2.330 Kursi Jalur SNMPTN Tahun Ini


Selasa, 26 Januari 2016 - 03:52:31 WIB

PADANG, HALUAN —Univ­ersitas Negeri Padang (UNP) siap tampung 40 persen atau 2.330 mahasiswa melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Per­guru­an Tinggi Negeri (SNM­PTN) tahun ini. Daya tampung ini jauh lebih besar dari daya tampung SBMPTN dan jalur mandiri yang hanya 30 persen dari daya tampung UNP tahun ini.

Wakil Rektor I UNP Agus Irianto saat bertemu dengan awak media di ruang per­temu­an Rektorat UNP Senin (25/1) siang mengatakan, pelak­sanaan SNMPTN tahun ini, UNP menyediakan kuota yang lebih besar dibanding daya tampung jalur lainnya. Setidak­nya ada 2.330 kursi yang nan­tin­ya dapat diperebutkan calon mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN ini.

“SNMPTN siswa tidak me­lalui proses tes, akan tetapi melalui pemeringkatan. Di­mana tata cara tahun ini cukup berbeda dengan tahun lalu tata caranya. Perubahannya tidak terlalu signifikan kok,” ujarnya.

Perubahannya kata WR I terletak pada siswa yang men­daftar. Dimana tahun lalu seluruh siswa diberikan ke­sempatan untuk ikut bersaing dalam SNMPTN, namun ta­hun ini dibatasi. Dimana, se­kolah dengan aktreditasi A diberikan kuota 75 persen dari siswa terbaiknya untuk ikut dalam seleksi SNMPTN. Se­kolah dengan akreditasi B diberi kuota 50 persen, dan sekolah dengan akreditasi C diberi kuota 20 persen dari siswa terbaiknya.

“Untuk sekolah yang tidak terakteditasi jangan cemas, ka­rena UNP masih mem­beri­kan kuota 10 persen bagi siswa terbaik­nya untuk ikut bersaing dalam SNMPTN tahun ini,” ungkapnya.

Proses pendaftaran itu dilakukan oleh kepala sekolah dengan mengisi Pangkal Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

“Pengisian PDSS sudah bisa dilakukan dari 18 Januari hingga 20 Februari 2016. Untuk verifikasi data itu di­lakukan siswa dengan kepala sekolah,” ungkapnya.

Ditegaskan Agus Irianto di depan Wakil Rektor II Ali Zamar, Kepala BAAK UNP Azhari Suwir dan Kepala Hu­mas UNP Amril Amir bahwa bagi sekolah yang melakukan kecurangan dalam melakukan pengisian data ini akan lang­sung digugurkan keikut­ser­taan­nya dalam SNMPTN tahun ini.

“Tidak itu saja, selama satu tahun keikutsertaan sekolah yang bersangkutan akan di­blokir. Ini sudah pernah kita lakukan tahun 2013 lalu. Di­mana ada tiga sekolah yang diblok,” paparnya.

Ditambahkan Azhari, da­lam pelaksanaan SNMPTN tahun 2015 lalu sudah tidak ada lagi sekolah yang melakukan kecurangan serupa. “Kita sa­ngat berharap tidak ada lagi kecurangan-kecurangan ka­rena hanya akan merugikan siswa dan sekolah tersebut. Jadi, sekolah diminta lebih jujur lagi,” tandasnya.

Dilanjutkan WR I, khusus untuk Sekolah Menengah Ke­juru­an (SMK) tidak di­benar­kan untuk mengambil jurusan yang tidak linier. Hal ini dikarenakan SNMPTN tahun ini sangat mengutamakan kualitas.

“Jadi tidak ada lagi siswa yang jurusan elektro mengam­bil bahasa. Ini tentu tidak linier,” ujarnya. Pendaftaran SNMPTN ta­hun 2016 ini juga bebas biaya pendaftaran. Calon mahasiswa tidak perlu mengeluarkan uang untuk ikut seleksi tersebut.

“Bagi siswa yang kurang mampu bisa mendaftar bidik misi. Nanti setelah terdaftar dan ada pin bidik misi baru men­daftar SNPMTN,” terangnya.

Dalam proses pemilihan program studi, setiap maha­siswa bisa mengambil tiga program studi dimana satu diantaranya harus diambil di PTN negeri asal siswa tersebut. Sementara bagi siswa yang hanya mengambil satu pro­gram studi boleh di PTN mana saja.

“Bagi yang berdomisili di Padang pilihannya tentu harus UNP,” tuturnya sembari me­lempar senyum. (h/isr)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 28 Desember 2016 - 01:56:11 WIB

    UNP Luncurkan 50 Buku Bahan Ajar

    UNP Luncurkan 50 Buku Bahan Ajar PADANG, HALUAN — Universitas Negeri Padang (UNP) meluncurkan 50 buku program rekonstruksi bahan ajar. Dimana 44 buku yang dibertikan Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) dan enam lainnya dibiayai UNP..
  • Selasa, 20 Desember 2016 - 00:23:39 WIB

    UNP Sambut Baik Kenaikan Beasiswa Bidikmisi

    PADANG, HALUAN — Ke­menterian Riset, Tek­nol­ogi dan Pendidikan Tinggi (Ke­m­ris­tekdikti) berencana m­enaikkan biaya hidup ma­ha­siswa Bidikmisi sebanyak Rp50 ribu sehingga menjadi Rp650 per bulan. Kebijakan itu m.
  • Selasa, 06 Desember 2016 - 01:28:21 WIB
    GENJOT MINAT PENELITIAN

    UNP Siapkan Dana Penelitian Hingga 30 Miliar

    PADANG, HALUAN — Tahun depan Universitas Negeri Padang (UNP) akan meningkatkan anggaran dana penelitian menjadi 15 persen. Hal itu dilakukan untuk mendorong dosen supaya aktif melakukan penelitian..
  • Senin, 14 November 2016 - 00:49:55 WIB

    Sejumlah Nama Wakil Rektor UNP Mengapung

    Sejumlah Nama Wakil Rektor UNP Mengapung PADANG, HALUAN — Dalam waktu dekat Rektor Universitas Negeri Padang (UNP), Ganefri akan memilih pembantunya dalam bertugas mewujudkan UNP mendapat Akreditasi Internasional..
  • Jumat, 11 November 2016 - 00:48:53 WIB
    PERINGATAN HARI PAHLAWAN 10 NOVEMBER

    Mahasiswa UNP Tabur Bunga, Pemprov Sumbar Bantu Janda

    PADANG, HALUAN — Se­banyak 300 orang lebih ma­hasiswa Jurusan Sejarah, Fa­kultas Ilmu Sosial (FIS) Uni­versitas Negeri Padang (UNP) mendatangi Taman Makam Pahlawan (TMP) Kesuma Bang­sa, Kamis (10/11) siang ke­marin. K.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]