Direncanakan Februari 2016

Pelantikan Gubernur Sumbar Digelar Serentak


Selasa, 26 Januari 2016 - 03:54:01 WIB

JAKARTA, HALUAN — Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjah­jo Kumolo belum bisa memas­tikan waktu pelantikan pasangan calon terpilih Irwan Prayitno – Nasrul Abit (IP-NA) sebagai Gubernur Sumbar periode 2016-2021. Hanya saja dia me­ngatakan bahwa pelantikan akan dilakukan secara serentak de­ngan gubernur provinsi lain yang ikut Pilkada serentak 9 De­sember 2015 lalu.

“Kan serentak pelantikannya, tidak satu-satu. Tunggu saja pe­ngumuman resminya,” terang Mendagri Tjahjo Kumolo men­jawab pertanyaan Haluan via SMS, sehubungan telah diputus­nya Perselisihan Hasil Pilkada (PHP) Gubernur Sumbar oleh Mahka­mah Konstitusi beberapa hari lalu.

Sementara itu, Mendagri kepada wartawan di kantor Ke­mendagri menjelaskan bah­wa rencana pelantikan guber­nur hasil Pilkada serentak 2015 akan dilangsungkan bulan Februari 2016 dan saat ini sedang dibahas di Sekertaris Negara (Set­neg). ”Lagi dibahas sama Setneg, tinggal tentukan hari yang tepat saja,” kata Tjahjo, Senin (25/1).

Namun dia belum bisa me­mastikan kapan waktu pelan­tikan itu. Apakah berlangsung awal, pertengahan atau akhir Februari nanti. Makanya, Tjahjo belum bisa angkat bicara terkait hal tersebut. “Saya belum berani ngomong dulu,” ujar dia.

Sebelumnya, ia menyatakan akan melantik kepala daerah terpilih dalam pilkada serentak berlangsung Februari bagi me­reka yang tak sedang menempuh jalur hukum di Mahkamah Kons­titusi (MK). Sedangkan Maret bagi calon yang ada sengketa hukum.

Dilantik Presiden

Tjahjo mengatakan, pihaknya juga telah mengusulkan kepala daerah pemenang Pilkada Se­rentak 2015, bakal dilantik langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). “Kalau me­mungkinkan biar dilantik lang­sung oleh Pak Presiden di Istana. Soal nanti serah terimanya, memorinya, bisa di sidang pari­purna DPRD, tidak masalah,” kata Tjahjo sebelumnya.

Kini, pelbagai persiapan tengah dilakukan Kemendagri untuk mewujudkan pelantikan serentak. “Saya berusaha ingin awal Februari. Sekarang sedang dipersiapkan semua,” ujarnya.

Tjahjo menegaskan, untuk daerah masih bersengketa atas hasil Pilkada Serentak maka bakal dilakukan pelantikan di tahap selanjutnya. Dia tidak mau pe­lantikan menjadi terhambat lantaran adanya daerah-daerah yang masih bersengketa terhadap hasil Pilkada serentak.

Pihaknya bahkan telah me­ngirim surat ke semua daerah yang kemarin menyelenggarakan Pilka­da Serentak. Bagaimana waktu, teknis dan UU yang mengatur soal daerah yang masih bersengketa sedang dikaji secara mendalam. (h/sam)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 12 Mei 2019 - 11:50:44 WIB

    Acara Seharian, Ini Agenda Pelantikan Walikota-Wakil Walikota Padang Besok

    Acara Seharian, Ini Agenda Pelantikan Walikota-Wakil Walikota Padang Besok PADANG, HARIANHALUAN.COM – Puncak pesta demokrasi masyarakat Kota Padang pada Pilkada serentak lalu digelar besok, Senin (13/5) yaitu pelantikan pasangan walikota terpilih. Panitia pelaksana pelantikan yakni Pemprov Sumbar .
  • Sabtu, 11 Mei 2019 - 21:11:15 WIB

    Pelantikan Mahyeldi – Hendri Septa Digelar Senin Pagi di Aula Gubernuran

    Pelantikan Mahyeldi – Hendri Septa Digelar Senin Pagi di Aula Gubernuran PADANG, HARIANHALUAN.COM—Sebanyak 150 undangan tamu untuk menghadiri pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang terpilih, Mahyeldi Ansharullah dan Hendri Septa sudah disebarkan. Pemko Padang mendapatkan jatah 100 undan.
  • Rabu, 17 Februari 2016 - 03:56:35 WIB
    12 Kepala Derah Dilantik Hari ini

    Pelantikan Muzni Menyusul

    Pelantikan Muzni Menyusul 12 kepala daerah di Sumbar dilantik hari ini. Setelah itu menyusul pelantikan Bupati Solok Selatan terpilih Muzni Zakaria yang berpasangan dengan Abdul Rahman..
  • Selasa, 16 Februari 2016 - 03:16:50 WIB

    Pelantikan Sekwan Hendaknya Prioritas

    PADANG, HALUAN — Wa­kil Ketua DPRD Sumbar Guspardi Gaus meminta Gubernur Irwan Prayitno untuk memprioritaskan pe­lan­tikan Sekretaris Dewan (Sekwan) yang defenitif. Menurutnya, hal ini penting untuk kelancaran tugas de­.
  • Rabu, 27 Januari 2016 - 04:44:22 WIB

    Pelantikan 2 SKPD Terhadang Izin

    PADANG, HALUAN — Rencana Penjabat (Pj) Gubernur Sumbar Reydonnyzar Moenek untuk melantik dua kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) hasil seleksi jabatan harus terganjal izin Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan r.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM