Ampera Salim

Konsisten Menjaga Bahasa Minangkabau


Rabu, 27 Januari 2016 - 02:30:25 WIB
Konsisten Menjaga Bahasa Minangkabau

Konsistensi Drs. Ampera Salim, SH. M.Si dalam menjaga kelestarian bahasa Minang­kabau yang diejawantahkannya dalam dunia tulis menulis di Sumatera Barat, memang pantas diapresiasi. Betapa tidak, puluhan judul buku telah lahir dari tangan pria berkacamata yang kini menjabat Kabag Humas Setdako Padang Panjang itu.

Tak mengherankan juga kiranya, jika Penasehat So­sio Budaya Kerajaan Malay­sia, Tan Sri Dato Seri Utama Dr. Rais Yatim, pernah mem­berikan penghargaan khusus kepada Ampera, Oktober 2015 lalu. Ampera diapresiasi sebagai salah seorang Sumbar penulis yang konsisten dalam men­jaga bahasa Minangkabau.

Ampera termasuk salah seorang wartawan senior di Sumatera Barat. Mengawali karier sebagai jurnalis di Tabloid Limbago Padang tahun 1993, alumni Fakul­tas Hukum Unand dan S2 Fisip UGM Yogyakarta itu, juga pernah menjadi warta­wan Harian Terbit Jakarta pada tahun 1996-2001.

Setelah menjadi PNS 1997, mantan Pemimpin Redaksi Tabloid Lentera ini memperkuat Tabloid Tuah Sakato yang diterbitkan Biro Humas Kantor Guber­nur Sumbar.

Sejak tahun 2006 sam­pai 2015, Ampera Salim yang dikenal dengan nama pena A.S. Patimarajo itu, menulis kolom “Bakam­bang Kato” di Koran Padang Ekspres setiap hari Minggu. Selain Bakambang Kato, dia juga menulis cerita paro­di berbahasa Minang de­ngan tokoh si Samiak dan si Mayin di koran yang sama lebih kurang tiga tahun (2012-2015).

Di tengah ke­sibu­kan­nya sebagai seorang abdi negara, Ampera kepada Haluan kemarin mengaku masih terus mengasah na­luri ke­war­tawanannya de­ngan me­la­hirkan berbagai karya tulis, baik dalam bentuk artikel, cerpen, parody dan sebagainya. Semua ditulis Ampera de­ngan tetap mem­per­ta­han­kan konsistensinya dalam menjaga dan meles­tarikan bahasa Minang­ka­bau. (ryan syair)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 17 Mei 2016 - 03:09:15 WIB
    Rika Okstan

    Konsisten Bernyanyi, Ingin Hajikan Orangtua

    Konsisten Bernyanyi, Ingin Hajikan Orangtua Bermodal suara emas didukung paras nan cantik, membuat Rika Okstan terus konsisten dalam menekuni karirnya sebagai seorang penyanyi. Meski sempat nyaris hilang dari peredaran, namun siapa nyana, jika pemilik nama lengkap Rika.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]