Guru Harus Kuasai Teknologi


Rabu, 27 Januari 2016 - 03:52:22 WIB

PADANG PARIAMAN, HALUAN —  Sudah seharusnya seorang guru Pendidikan Agama Islam (PAI) mahir dan pintar mengajar dengan penggunakan IT, tidak zamannya lagi mengajar menggunakan kapur tulis atau spidol dengan papan tulis.Tapi sekarang ini mengajar itu menggunakan laptop dan infocus.

Hal itu dikatakan oleh Kepala Kementrian Agama Kabupaten Padang Paria­man yang diwakili oleh Kasi Pais, Yosef Khairul saat membuka acara workshop/pelatihan model-model pem­belajaran berbasi IT di Sekolah Dasar Negeri (SD­N) 01 V Koto Timur di Limau Puruik, Senin (25/1) kemarin.

Acara pelatihan yang diselenggarakan selama dua hari Senin (25/1) dan Selasa (26/1) itu dihadiri oleh Ketua MKKS Kecamatan V Koto Timur, Masri, S.Pd, pengawas PAI Kemenag, Drs Suardi, A. Acara ini diikuti sebanyak 29 guru PAI Kecamatan V Koto Timur serta 6 orang kepala sekolah dasar yang ada di kecamatan itu.

Pada kesempatan itu, Yosef Khairul menye­but­kan, kepada semua peserta pelatihan agar bisa mengi­kuti kegiatan ini sampai selesai, karena ini sangat bermanfaat sekali untuk menambah wawasan serta pengalaman. “Mempelajari IT ini adalah untuk menam­bah wawasan dan kompe­tensi seorang guru PAI yang profesional dalam menja­lankan tugasnya,” ujarnya.

Dia menjelaskan, seka­rang ini tidak zamannya lagi mengajar memakai kapur atau spidol dengan alat tulis, tapi sudah seharusnya seo­rang guru PAI mengajar dengan menggunakan lap­top dan infocus. “Bahkan, sudah ada seorang guru yang membeli laptop dan infocus dengan uang sendiri untuk mengajar disekolah, jadi dengan telah mengikuti pelatihan ini semua guru PAI harus bisa mengajar anak-anak dengan laptop di sekolah masing-masing,” terangnya.

Jadi katanya, sekarang ini zaman sudah maju se­dangkan laptop dan infocus ini sudah menjadi kebu­tuhan. “Dan jangan malu pula untuk belajar meski sudah tua, kalau bisa belajar juga kepada anak-anak kita yang sudah mahir meng­gunakan laptop. Jadi, ke­pada peserta agar serius mengikuti pelatihan yang diadakan selama dua hari,” harap Yosef.

Sementara itu, penga­was PAI kemenag, Drs Suar­di, A juga sangat apresiasi terhadap guru PAI yang telah bersemangat untuk mengkuti pelatihan ini, karena ini adalah salah satu tekad untuk menjadikan seorang guru itu menjadi profesional. “Semoga de­ngan telah mengikuti pela­tihan ini semua guru PAI mampu membawa serta me­majukan pendidikan agama di sekolah yang ada dalam kecamatan ini,” tambah Suardi. (h/bus)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]