BKD Imbau PNS Hindari Pemakaian Ijazah Palsu


Rabu, 27 Januari 2016 - 03:57:17 WIB

Agam, Haluan — Guna mengantisipasi penggunaan ijazah palsu dalam kenaikan pangkat dan mutasi, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Agam, mengim­bau agar para aparatur sipil negara (ASN) menghindari pemakaian ijazah palsu.

Kepala BKD Kabupaten Agam Dafrines, Selasa (26/1), agar ASN tidak dirugikan saat mengikuti izin belajar, agar meneliti dengan cermat terle­bih dahulu perguruan tinggi, sehingga ijazah sebagai bukti kelulusan dapat digunakan untuk urusan kepega­waian­nya.

Hal itu untuk meni­n­dak­lanjuti surat dari Kepala Kan­tor Regional XII BKN Pekan­baru dengan Nomor 00021.2/I/KR.XII/01-2016 tanggal 4 Januari 2016 perihal Pen­cegahan Penggunaan Ijazah Palsu untuk Kenaikan Pang­kat dan Mutasi lainnya.

Surat BKN dimaksud me­minta SKPD untuk meme­riksa terlebih dahulu keaslian, keabsahan ijazah yang digu­nakan untuk urusan kenaikan pangkat dan mutasi lainnya. Media yang dapat digunakan dalam pengecekan data kelu­lusan dari perguruan tinggi yang dikeluarkan oleh Direk­torat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Riset Tek­nologi dan Pendidikan Ting­gi. 

Sebagaimana tercantum pada pangkalan data pen­didikan tinggi dengan alamat website http://forlap.dikti.­go.id. bahwa BKN hanya mem­proses apabila status pendidikan PNS yang diusul­kan telah dinyatakan lulus pada pangkalan data tersebut.

BKN sebelumnya juga telah mengeluarkan Perka BKN No 25 Tahun 2015 ten­tang Tindakan Administratif dan Hukuman Disiplin ter­hadap Pegawai Negeri Sipil yang Menggunakan Ijazah Palsu.

Dalam peraturan ini dise­butkan bahwa CPNS atau PNS yang diketahui menggu­nakan ijazah palsu pada saat melamar menjadi CPNS, di­ke­na­kan tindakan admi­nis­tratif berupa pemberhentian tidak dengan hormat sebagai CPNS. (h/amc)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 20 Mei 2016 - 03:53:09 WIB
    Yusuf Lubis Sidak ke SKPD

    Kantor BKD Didapati dalam Keadaan Kosong

    Kantor BKD Didapati dalam Keadaan Kosong PASAMAN, HALUAN — Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) kucar-kacir saat orang nomor satu di Pasaman, Bupati Yusuf Lubis melakukan inpeksi mendadak (Sidak) kesejumlah instansi di Lingkup Pemkab Pasaman, Selasa (17/5) lalu..
  • Selasa, 15 Maret 2016 - 03:03:55 WIB
    Rencana Rasionalisasi PNS

    BKD Belum Terima Surat Resmi

    AROSUKA, HALUAN — Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Solok mengaku hingga saat ini belum menerima surat resmi dari pemerintah pusat ataupun provinsi, terkait rencana Kementerian Pendayagunaan Apartur Negara dan Reform.
  • Senin, 01 Februari 2016 - 01:41:47 WIB
    Untuk Meningkatkan Kinerja

    BKD Solsel Tandatangani Pakta Integritas

    SOLSEL,HALUAN—Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Solok Selatan (Solsel) untuk kali pertama melakukan pe­nan­datanganan Pakta Integ­ritas dalam rangka pening­katan hasil kerja ke arah yang lebih baik di internal kantor..
  • Kamis, 28 Januari 2016 - 03:57:24 WIB

    Diklat Revolusi Mental Diikuti Kepala BKD se-Sumatera

    Diklat Revolusi Mental Diikuti Kepala BKD se-Sumatera BUKITTINGI, HALUAN — Kepala Badan Pe­ngem­ba­ngan Sumber Daya Manusia (BP­SDM), Kementerian Dalam Negeri (Kemen­dag­ri), Drs La Ode M Salmar, membuka secara resmi Dik­lat Teknis Revolusi Mental bagi Kepala Badan Kepe.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]