BKD Imbau PNS Hindari Pemakaian Ijazah Palsu


Rabu, 27 Januari 2016 - 03:57:17 WIB
BKD Imbau PNS Hindari Pemakaian Ijazah Palsu

Agam, Haluan — Guna mengantisipasi penggunaan ijazah palsu dalam kenaikan pangkat dan mutasi, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Agam, mengim­bau agar para aparatur sipil negara (ASN) menghindari pemakaian ijazah palsu.

Kepala BKD Kabupaten Agam Dafrines, Selasa (26/1), agar ASN tidak dirugikan saat mengikuti izin belajar, agar meneliti dengan cermat terle­bih dahulu perguruan tinggi, sehingga ijazah sebagai bukti kelulusan dapat digunakan untuk urusan kepega­waian­nya.

Baca Juga : Dokter Dian Fadly, Kunjungi Panti Asuhan dan Santri Tahfidz di Padang Panjang

Hal itu untuk meni­n­dak­lanjuti surat dari Kepala Kan­tor Regional XII BKN Pekan­baru dengan Nomor 00021.2/I/KR.XII/01-2016 tanggal 4 Januari 2016 perihal Pen­cegahan Penggunaan Ijazah Palsu untuk Kenaikan Pang­kat dan Mutasi lainnya.

Surat BKN dimaksud me­minta SKPD untuk meme­riksa terlebih dahulu keaslian, keabsahan ijazah yang digu­nakan untuk urusan kenaikan pangkat dan mutasi lainnya. Media yang dapat digunakan dalam pengecekan data kelu­lusan dari perguruan tinggi yang dikeluarkan oleh Direk­torat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Riset Tek­nologi dan Pendidikan Ting­gi. 

Baca Juga : Semarakkan Ramadan, Pemuda Masang Timur Gelar MTQ Tingkat Nagari

Sebagaimana tercantum pada pangkalan data pen­didikan tinggi dengan alamat website http://forlap.dikti.­go.id. bahwa BKN hanya mem­proses apabila status pendidikan PNS yang diusul­kan telah dinyatakan lulus pada pangkalan data tersebut.

BKN sebelumnya juga telah mengeluarkan Perka BKN No 25 Tahun 2015 ten­tang Tindakan Administratif dan Hukuman Disiplin ter­hadap Pegawai Negeri Sipil yang Menggunakan Ijazah Palsu.

Baca Juga : Mudik ke Solsel? Pos Penyekatan Arus Mudik Ada di Kubang Gajah Sangir

Dalam peraturan ini dise­butkan bahwa CPNS atau PNS yang diketahui menggu­nakan ijazah palsu pada saat melamar menjadi CPNS, di­ke­na­kan tindakan admi­nis­tratif berupa pemberhentian tidak dengan hormat sebagai CPNS. (h/amc)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]