Target Konsumsi Ikan 32 kg per Kapita


Rabu, 27 Januari 2016 - 03:59:00 WIB
Target Konsumsi Ikan 32 kg per Kapita

PARIAMAN, HALUAN — Pemerintah Kota Pariaman tahun 2016 ini menargetkan indek konsumsi masyarakat memakan ikan di Kota ini sebanyak 34 Kg/kapita/tahun.

Angka tersebut naik dua digit dari tahun sebelumnya hanya 32 Kg/perkapita/perta­hun. Sementara target nasional 38 Kg/kapita/tahun.

Baca Juga : Tegas! Bupati Sutan Riska Larang ASN Mudik

Kepala Dinas Kelautan Perikanan Kota Pariaman, Yanrileza, menjawab Haluan Senin (25/1) menjelaskan, pentingnya peningkatan konsumsi ikan bagi ma­syarakat, karena dinilai sangat baik  dalam mencukupi kebutuhan gizi.

Secara riil, kebutuhan konsumsi ikan yang diperlukan perhari/per orang 250 gram, dan untuk itu program makan ikan terus diluncurkan ke tengah-tengah masya­rakat.

Baca Juga : Kabupaten Dharmasraya Kembail Raih Predikat WTP Keenam Kali

Dalam merealisasikan program, Dinas Kelautan Perikanan mengandeng berbagai pihak, termasuk didalamnya PKK dan sosialisasi, demo pembuatan ragam maka­nan dari ikan. Ikan makanan yang baik untuk keseha­tan tubuh, karena ikan juga mengandung lemak jenuh yang rendah, tinggi protein, dan merupakan sumber penting asam lemak omega 3 dan banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dan apalagi makanan ini mudah di dapat di pasar-pasar yang ada di lingkungan kita dengan harga terjangkau.

Disebutkan, Omega 3 yang terkandung pada ikan selain bisa menurunkan kadar kolesterol darah juga bisa mengatasi beban penderita penyakit asma, rematik, penyakit kulit, komplikasi diabetes dan kanker payudara.(h/tri)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]