Pariaman, Daerah Endemis DBD


Rabu, 27 Januari 2016 - 03:59:51 WIB

PARIAMAN, HALUAN — Kota Pariaman, termasuk salah satu daerah endemis DBD. Karena itu peran aktif masyarakat dalam menjaga lingkungan bersih dan memusnahkan sarang nyamuk, sangat diperlukan untuk menekan kasus tersebut.

Sejak awal Januari tahun 2016 sampai hari Jumat (22/1),  telah tujuh warga di Kota Pariaman yang terserang DBD.

Tujuh warga yang terserang DBD itu berasal dari tiga desa yaitu Balai Kurai Taji, Simpang Kurai Taji dan Mangguang.

Kasus DBD pada Januari 2016 berjalan ini bila dibanding dengan bulan Januari tahun 2014, masih rendah, kalau sekarang cuma tujuh kasus, Januari tahun lalu itu 9 kasus, bahkan termasuk kedalam Kejadian Luar Biasa( KLB).

 Kejadian DBD tahun 2015 pada bulan Januari di Kota Paiaman yang sempat sempat ke tingkat Kejadian Luar Biasa (KLB) terjadi di Desa Cubadak Aia Selatan, Kecamatan pariaman Utara.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman, Yutiardy Rivai kepada Haluan Selasa (26/1) menjelaskan, untuk menekan kasus DBD di daerah endemis ini, sangat diperlukan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan bersih dan selalu melakukan kegiatan pemberantasan sarang nyamuk.

Penyakit demam berdarah dengue disebabkan oleh virus dengue yang menyerang sel-sel darah. Virus ini ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus.

Nyamuk Aedes aegypti  hidup dan tinggal di daerah beriklim tropis dengan suhu lembab. Pada dasarnya, serangan nyamuk menggigit manusia di siang hari.

Bila seseorang telah terinfeksi  virus denque dapat mengalami sakit otot, sakit kepala, sakit sendi, dan penurunan jumlah sel-sel darah putih. Dan penderita bisa menderita dengue sindrom syock.

Kejadian kasus DBD pada Januari berjalan tahun ini, dapat mengingatkan kita untuk tetap waspada dengan DBD.

Menurut Yutiardy, pengasapan atau foging yang dilakukan petugas kesehatan, kerumah-rumah warga yang terkena serangan DBD termasuk di lingkungan disekitarnya, bukanlah jalan keluar terbaik, namun dengan menjaga lingkungan bersih serta melakukan kegiatan memberantas sarang nyamuk, itulah langkah tepat dalam menekan kasus DBD.

Dinas kesehatan kota pariaman Selain melaksanakan foging dalam menekan DBD, juga dengan penyuluhan kepada masyarakat melalui rumah sakit dan puskesmas secara berantai dan diharapkan kasus DBD mengecil dari waktu ke waktu.(h/tri)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]