Padi Junjuang Dipanen Perdana


Rabu, 27 Januari 2016 - 04:01:44 WIB
Padi Junjuang Dipanen Perdana Walikota Pariaman, Mukhlis R, (no3 dari kanan) mengangkat panen padi perdana di Jati.

PARIAMAN, HALUAN — Dengan bantuan semua pihak mulai dari Balai Pengkajian Tekhnologi Pertanian (BPTP) Provinsi Sumatera Barat, Kodim 0308 Pariaman dan Dinas Pertanian serta Kelompok Tani yang ada di Kota Pariaman, pembangunan Ketahanan Pangan yang dilaksanakan di Kota Pariaman dapat berjalan dengan baik.

Hal itu dikatakan Wali­kota Pariaman, Mukhlis R pada acara Panen Demplot (Field Day) Varietas Unggul Padi Junjuang yang pertama untuk Kota Pariaman, dan demo alat pertanian dari BPTP Provinsi Sumbar, yang dilaksanakan di Dem­plot Padi Jati, senin (25/1).

Pemanfaatan tekhnologi hendaknya dapat mening­katkan produksi padi yang ada, melihat semakin ber­kurangnya lahan sawah yang berubah fungsi menjadi pe­ru­mahan.

Dulu, sebut Walikota, produksi panen padi hanya mampu 5-6 ton/ha , saat ini dengan adanya penerapan teknologi yang makin baik, produksi lebih meningkat, bahkan mencapai 9-10 ton/ha.

Kini, untuk mening­kat­kan produksi padi, kerja­sama dengan berbagai pihak dilakukan, seperti dengan Dandim, Dinas pertanian, BPTP Sumbar, semua itu untuk dapat meningkat pro­duksi pertanian terkait pen­capaian kebutuhan pangan di kota ini.

“Produksi padi di Kota Pariaman telah mencapai 35.500 ton/ha, untuk kebu­tuhan Kota Pariaman hanya 18 ribu ton/ha, dan masih surplus,” sebut Mukhlis R.

Dari data yang dike­luarkan BPS saat ini, pro­duksi padi Kota Pariaman sudah mencapai 6,5 ton/ha, peringkat dua setelah Bu­kittinggi, tentu kondisi ini menjadi kebanggan tersen­diri bagi pariaman.

Apalagi dengan adanya Balai Benih yang dibentuk oleh Mentri Pertanian di cubadak Aie tahun 2015, tentu akan semakin menun­jukkan keseriusan Kota Pa­ria­man dalam mewujudkan Swasembada Pangan.

“Diharapkan pening­katan produksi panen dapat membawa petani ketingkat kesejahteraan yang lebih baik,” harap Walikota.

Hadir dalam acara rom­bongan BPTP Provinsi Sum­bar yang mengadakan De­mo alat Pertanian, Wakil Komandan Kodim 0308 Ma­yor Hamdani beserta Danramil dan personil TNI lainnya, Kadis Pertanian Syaiful Rizal dan jajaran Dinas Pertanian Kota Pari­aman, Sekcam Pariaman Tengah serta Kelompok Tani se Kecamatan Paria­man tengah.(h/tri)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]