FMI Hengkang dari Indonesia

Ford Sumbar Layani Konsumen Sampai Akhir Tahun


Rabu, 27 Januari 2016 - 04:04:55 WIB

PADANG, HALUAN  —  Diler Ford Sumbar di bawah PT Alfa Auto Mandiri memberikan penjelasan kepada pengguna mobil Ford di Sumbar, pascapernyataan Managing Director Meski Ford Motor Indonesia (FMI), Bagus Susanto pada 25 Januari 2016 tentang penghentian aktivitas Ford di Indonesia mulai pertengahan tahun ini.

Sales Supervisor Pen­jualan Ford Sumbar, Noverry Darwin mengatakan, FMI menyatakan mundur pada semester II tahun ini, berarti antara Mei Juni. Semua diler Ford, termasuk Diler Ford Sumbar, masih melayani per­baikan kendaraan (service) dan pembelian sukucadang (sparepart). Yang dihentikan untuk jangka waktu tertentu adalah penjualan (sales).

“Konsumen Ford di Su­matera Barat tidak perlu kha­watir karena Diler Ford Sumbar masih melayani perbaikan kendaraan dan pem­belian sukucadang hing­ga akhir tahun ini. Se­lan­jutnya menunggu konfirmasi dan perkembangan situasi,” tutur Noverry kepada Ha­luan di Padang, Selasa (26/1).

Selain itu, kata Noverry, ada beberapa toko di Pa­dang yang menjual suku­cadang Ford. Jumlah toko tersebut memang tidak ba­nyak karena sukucadang Ford yang dijual adalah yang asli dan tak ada sukucadang Ford yang imitasi.  

Mengenai onderdil, kata Noverry, onderdil Ford ba­nyak dijual di Jakarta. ja­ngan­kan onderdil mobil Ford keluargan baru, on­derdil mobil Ford keluaran tahun 70-an yang dulu di­pakai untuk Taksi saja masih ada dijual di Jakarta sampai hari ini. Jadi, pengguna Ford di Sumbar tak perlu cemas karena merasa tak bisa me­nemukan onderdil Ford.

Noverry menyimpulkan, yang menarik diri dari In­donesia adalah FMI sebagai Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Ford di In­donesia. Akan tetapi, Ford belum mati di Indonesia karena di Indonesia ada diler Ford Nusantara, Ford Auto Kencana (AK), dan sebagainya yang akan me­layani konsumen Ford. Bisa penjualan Ford di Indonesia diambil alih oleh diler-diler Ford tersebut.

Mengenai penjualan Ford di Sumbar, Noverry me­nga­takan, pihaknya tak bisa me­nyebutkan jumlah penjualan Ford di Sumbar dari tahun ke tahun, sejak diler Ford Sum­bar yang beralamat di Jalan Veteran 41A-C, Padang ber­diri pada tahun 2005.

“Kalau penjualan, ang­kanya memang kecil karena orang Indonesia, khususnya Sumatera Barat, mem­per­timbangkan harga dan uang saat membeli mobil, dan belum mempertimbangkan kenikmatan berkendara. Sementara mobil keluaran Ford, terkenal dengan ke­nya­manan mobilnya dan kenikmatan saat me­ngen­darainya,” ungkap Noverry.

Ia menambahkan, PT Alfa Auto Mandiri sebagai satu-satunya diler Ford di Sumbar, berada di bawah naungan PT Mayapada Au­to Sampurna Grup. PT Ma­yapada Auto Sampurna Grup menaungi diler Pa­dang, Pekanbaru, Duri, dan Batam. Kalau di kota lain, nama dilernya seperti  Ford Nusantara, Ford Auto Ken­cana (AK), dan sebagainya.

Data dari Gabungan In­dustri Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan Ford di Indonesia pada tahun 2015 turun 54 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Ber­da­sar­kan data Gaikindo, penjualan Ford pada 2015 sebanyak 4.986 unit, pada 2014 12.008 unit, pada 2013 9.907 unit, pada 2012 11.958 unit, dan pada 2011 mencapai 15.670 unit. (h/dib)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 26 Januari 2016 - 03:25:42 WIB

    Ford Nyatakan Berhenti Beroperasi di Indonesia

    JAKARTA, HALUAN — Ford Motor Indonesia (FMI) resmi angkat kaki dari pasar otomotif dalam negeri. Managing Director FMI, Bagus Susanto menjelaskan, seluruh kegiatan penjualan dan impor kendaraan mulai paruh kedua tahun ini, .
  • Kamis, 21 Januari 2016 - 03:21:38 WIB

    Ford Everest Baru Tinggalkan Kompetitor Lama

    Ford Everest Baru Tinggalkan Kompetitor Lama PADANG, HALUAN — Ford kembali menghadirkan generasi terbaru Everest yang jauh lebih baik dari versi sebelumnya ke pasar otomotif tanah air. Bahkan, kini All-New Ford Everest naik kelas meninggalkan kompetitor lamanya, yakni.
  • Sabtu, 16 Januari 2016 - 02:55:49 WIB

    Ford Gunakan Drone untuk Survei Daerah Bencana

    Ford Gunakan Drone untuk Survei Daerah Bencana JAKARTA, HALUAN — Per­kembangan dunia tek­nologi yang begitu pesat, memang tidak dapat tere­lakkan. Baru-baru ini, Ford melakukan kerja sama de­ngan DJI Drone, untuk memenuhi tantangan bagai­mana caranya Drone dapat be.
  • Kamis, 31 Desember 2015 - 04:01:43 WIB

    Ford Ranger Raih Pick-up Truck of the Year

    Ford Ranger Raih Pick-up Truck of the Year MALAYSIA, HALUAN — New Ford Ran­ger yang mendefinisikan kelasnya meraih skor tertinggi dari dewan juri Malaysia dan Thailand pada acara perdana penghargaan Asean Car of the Year (ACOTY) tahun 2015 yang diseleng­gara­kan.
  • Senin, 28 Desember 2015 - 03:00:40 WIB

    Ford Raih AutoBild Customer Satisfaction

    Ford Raih AutoBild Customer Satisfaction JAKARTA, HALUAN — Ford Motor Indonesia men­duduki peringkat teratas dalam hal value-for-money di survey tingkat kepuasan pelanggan AutoBild Customer Satisfaction Survey 2015. Survey yang dilangsungkan selama bulan Maret hi.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]