Wako Hendri Arnis Blusukan Serap Aspirasi Pedagang


Rabu, 27 Januari 2016 - 04:08:53 WIB
Wako Hendri Arnis Blusukan Serap Aspirasi Pedagang Wako Hendri Arnis di dampingi Kabag Humas Ampera Salim saat blusukan ke Pasar Padang Panjang untuk menyerap aspirasi para pedagang. (M. HAFIZ)

PADANG PANJANG, HALUAN — Walikota Hendri Arnis melakukan kunjungan mendadak ke Tempat Penampungan Sementara (TPS) yang terbakar, Minggu (24/1). Dalam kunjungannya ia menyanggupi permintaan pedagang untuk membangun kembali tempat dagang mereka.

Pantauan Haluan di la­pa­ngan, kedatangan Wako kali ini  berpakaian baju kaos, pakai jaket hitam serta bertopi pet putih didampingi Kakan Pasar Rinopen, Ka­satpol PP Yoni Aldo dan Kabag Humas Ampera Sa­lim beserta staf.

Pada kesempatan itu Hen­dri Arnis  mendengar cura­han perasaan dari pedagang yang mengalami musibah itu. Me­reka mengungkapkan ke­pi­luan hati atas derita cobaan yang menimpa.

Saat kunjungan tersebut salah seorang pedagang yang menjadi korban kebakaran pasar awal tahun lalu itu mempertanyakan nasib mere­ka kepada pimpinan kota itu.

Bilo kami bisa manggaleh baliak ko Pak Wali,” kata Mak Japang seorang pedagang menanyakan kapan mereka bisa berjualan lagi. Perta­nyaaan mak Japang tersebut sekaligus  mewakili kawan kawannya dari 18 petak kios yang terbakar.

Mendengar pertanyaan itu, Hendri Arnis juga balik mem­pertanyakan kemauan pa­ra pedagang itu. “Kapan mau­nya?” tanya Hendri Ar­nis.

Membalas pertanyaan Wa­li­kota itu, salah seorang ibu-ibu pedagang langsung menjawab serta mencurahkan kesulitan yang dialaminya saat ini. “Secepatnya kami mau dagang Pak Wali. Sangat sulit kami sekarang,  Pak Wali. Anak-anak kami masih seko­lah, mereka butuh biaya,” kata seorang ibu ibu yang diamini sejumlah pedagang lainnya.

Setelah mendengar keluh kesah para pedagang itu, Hen­dri Arnis pun Langsung me­na­warkan bantuan dengan mempertanyakannya kepada para pedagang yang ada di sekitar itu. “Apa yang bisa saya bantu?” tanya Walikota.

Melihat peluang besar yang diberikan Walikota itu, para pedagang yang di wakili Mak Japang pun langsung menyampaikan maksud dan keinginan mereka. “Pak Wali bantu sajalah mendirikan bangunan tempat penam­pu­ngan untuk kami kembali. Nilainya sekitar Rp60 juta Pak Wali,” kata Mak Japang.

Mendengar permintaan pa­ra pedangang itu, Walikota me­lakukan sedikit negosiasi de­ng­an para pedagang serta mem­berikan solusi lain untuk me­reka. “Bagaimana jika saya ban­tu bahan kayu dan seng sa­ja. Nanti pedagang yang go­toroyong sama-sama untuk me­­ngerjakannnya,” saran Hen­­dri. Mendengar jawaban itu, para pedagangpun lang­sung menyetujui tawaran yang d berikan Walikotanya terse­but. “Terimakasih Pak Wali. Kalau begitu bantu kami Rp.40 juta. Itu sudah di luar upah tukang,” jawab Mak Japang dengan haru bercam­pur gembira.

Setelah itu, para pedagang serempak mengucapkan teri­ma kasih dan berebut menya­lami Hendri Arnis.  Me­nin­dak lanjuti rencana dan in­struk­si Wako ,  para peda­gang  pada Senin (25/1) ke­ma­ren langsung mendatangi toko bangunan yang telah di tunjuk oleh Pemerintah Kota (Pemko) untuk mengambil bahan bangunan yang di janji­kan Wako.

Namun sangat disayang­kan, realisasi instruksi terse­but tak berjalan seperti yang diharapkan, pasalnya pihak toko bangunan yang di tunjuk Wako tersebut tidak bisa memberikan bahan bangunan yang dibutuhkan para peda­gang karena Pemko masih memiliki banyak hutang di Toko Bangunan tersebut yang mengakibatkan pihak Toko Bangunan tak bisa lagi mem­berikan piutang untuk Pemko Padang Panjang.

Menanggapi hal tersebut, Kabag Humas Setdako Pa­dang Panjang Ampera Salim mengatakan, jika rencana tersebut tersendat, pihak Pem­ko akan mencarikan al­ter­natif lain untuk membantu para pedagang itu. “Jika pihak toko bangunan tak bisa mem­berikan piutang kepada Pem­ko, kita carikan jalan lain. Menurut Instruksi Walikota, ia akan mengumpulkan selu­ruh pejabat di lingkungan Pemko Padang Panjang dan akan mengumpulkan iuran dari para pejabat untuk mem­bantu para korban kebakaran itu,” ujar Ampera Salim. (h/mg-pis)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: redaks[email protected]