Di Nagari Sungai Sarik Lumpo

Warga Bangun Jalan Usaha Tani 1,5 Km dengan Goro


Rabu, 27 Januari 2016 - 04:13:24 WIB
Warga  Bangun Jalan Usaha Tani 1,5 Km dengan Goro Masyarakat Nagari Sungai Sariak Lumpo Kecamatan IV Jurai, Pesisir Selatan tengah membangun jalan baru untuk kelancaran akses perhubungan di nagarinya.(M JONI)

PAINAN,HALUAN — Masyarakat Sungai Sarik Lumpo, kecamatan IV Jurai Pessel,  saat ini  terus memacu perampungan pembangunan Jalan Usaha Tani sepanjang 1,5 km untuk kelancaran transportasi  dan  pengembangan  wilayah. Pembangunan akses perhubungan tersebut mengunakan  Dana Desa 2015.

Walinagari Sungai Sarik Edi Amanto  kepada Haluan di kantornya, Selasa (26/1) menjelaskan, pembangunan jalan tersebut sebelumnya telah diawali dengan me­man­faatkan dana Program Nasio­nal Pemberdayaan Masya­rakat ( PNPM) 2014, terma­suk pengecoran badan jalan sepenjang 45 meter dengan pekerjaannya dilakukan seca­r­a  swadaya masyarakat .

Terlaksananya pem­ba­ngu­nan jalan usaha tani ter­se­but  me­rupakan keinginan masya­ra­kat dalam mem­per­mudah ak­ses perhubungan, pasalnya sa­rana angkutan  salah satu ken­dala bagi ma­sya­rakat da­lam pengang­ku­tan hasil bumi un­tuk di­pasar­kan, kondisi saat ini pengangkutan hasil bumi  ma­sih mengunakan tenaga ma­nusia artinya belum bisa di­­angkut mengunakan ken­da­­­raan. “Selama ini para pe­­­ta­ni mengeluh akibat be­lum ada­nya sarana perhu­bu­ngan yang me­madai.  Kon­di­si terse­but ju­ga memicu ting­ginya biaya ang­kutan ka­rena harus meng­gu­na­kan te­naga manusia, bah­kan ti­dak seimbang biaya pe­nge­lua­ran dengan pen­da­pa­tan,” ulas­nya.

Menurut Walinagari,  sa­ra­na perhubungan meru­pakan urat nadi ekonomi masyara­kat, bila  sudah ada jalan yang memadai  kendala kesulitan tran­portasi akan dapat tera­ta­si, ekonomi ma­syarakat akan semakin me­ningkat, ke­mu­dian ma­sya­rakat merasa le­ga dan bangga dengan ada­nya program pe­me­rintahan na­gari didukung oleh berba­gai ele­men ma­syarakat dalam mem­bangun jalan usaha tani yang di­kerjakan secara berta­hap.

Misna (47 tahun)  salah seorang warga nagari setem­pat mengakui, dengan terbu­kanya jalan usaha tani terse­but, setidaknya akan dapat meringankan beban masya­rakat dalam masalah pene­ka­nan biaya pengeluaran.  “Mi­nat masyarakat  juga  akan se­makin tinggi mem­bangun ru­mah  pada  ka­wasan  baru ter­buka  itu. Selama ini masya­ra­kat hanya fokus mem­ba­ngun rumah di pinggir jalan kabupaten  yang penuh polusi udara,” pung­kasnya. (h/mjn)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]