Pemko Kucurkan Dana Rp 15 M

Pembangunan Gedung Operasi Dilanjutkan


Rabu, 27 Januari 2016 - 04:18:57 WIB
Pembangunan Gedung Operasi Dilanjutkan Bangunan berlantai IV yang akan melengkapi prasarana operasi dan CCU di RSUD dr. Adnaan WD Payakumbuh kembali dilanjutkan pengerjaannya. (ZUL)

PAYAKUMBUH, HALUAN — Pemerintah Kota Paya­kumbuh menyiapkan dana sebesar Rp15 miliar lagi untuk melanjutkan pem­bangunan Gedung  Insta­lasi Bedah Sentral (IBS), ruang Intensive Cardiologi Care Unit (ICCU),  dan ruang NICU (Neonatal In­tensive Care Unit) serta instalasi  Sterilisasi Sentral (CSSD) RSUD dr. Adnaan WD Kota Payakumbuh ta­hun 2016.

Dana yang disiapkan ini merupakan dana tambahan untuk melanjutkan peker­jaan pembangunan gedung berlantai IV yang telah di­mulai pada tahun 2015 lalu dengan pagu anggaran saat ini mencapai Rp9,1 miliar lebih.

Direktur RSUD Paya­kumbuh, dr. Hj. Merry Yu­liesday, MARS, bersa­ma Direktur Umum dan ketika dihubungi Haluan, Selasa (26/1) menyebut, pembangunan tahap pert­a­ma gedung itu baru menye­lesaikan struktur bangunan seluas 4.000 meter. Tahun ini, proses pembangunan kembali akan dilanjutkan dengan menggunakan ang­garan sebesar Rp15 miliar. “Diharapkan, dengan ang­garan tambahan tersebut, bangunan untuk pelayanan kesehatan itu rampung 100 persen,” ungkap Direktur RSUD Payakumbuh ini lagi.

Sementara, untuk alat kesehatannya, sebut Merry, sebagian berasal dari ban­tuan pemerintah pusat lewat dana DAK. Namun, ban­tuan dana yang dijanjikan pusat, belum mencukupi untuk melengkapi seluruh fasilitas di gedung tersebut. Karena itu, katanya, tahun depan seluruh kebutuhan peralatan di gedung tersebut akan terpenuhi.

Pembangunan gedung IBS, ICCUNICU serta instalasi CSSD, dikatakan Merry, sudah sejak lama diinginkan oleh pihak ru­mah sa­kit. Namun karena keter­batasan anggaran dae­rah, dengan terpaksa pem­bangu­nannya dilakukan secara bertahap,” beber Merry lagi.

Kendati demikian, Mer­ry berjanji akan mening­katkan Sumber Daya Manu­sia (SDM) serta menambah jumlah dokter ahli di RSUD ini. “Peningkatan pemba­ngunan infrastruktur itu akan diiringi dengan pe­ningakatn SDM dan tam­bahan dokter ahli,” ulas mantan Kadinkes dan Staf Ahli Walikota Paya­kumbuh ini menambahkan.

Kebutuhan semua ge­dung tersebut, dikatakan Merry, sangat dibutuhkan sekali dilakukan dalam wak­tu dekat ini. Pasalnya, de­ngan adanya sarana dan prasarana fasilitas gedung yang memadai, maka pela­yanan kesehatan untuk mas­yarakat akan terjamin.

“Dengan adanya gedung baru tersebut, mudah-mu­dahan untuk operasi yang krusial sudah dapat dilaku­kan di RSUD Dr Adnaan WD Payakumbuh ini,” pungkasnya. (h/zkf)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]