Tampil di F1

Rio Masih Kekurangan 3 Juta Euro


Rabu, 27 Januari 2016 - 04:22:26 WIB

Jakarta, Haluan — Ming­­gu ini adalah tenggat waktu dari tim Manor Racing untuk memastikan apakah pe­balap Indonesia, Rio Ha­ryanto, jadi mengemudikan jet darat mereka dan tampil di ajang Formula 1. Untuk sampai ke sana, persoalan Rio adalah biaya sponsor yang diwajibkan Manor, yang jumlahnya 15 juta euro, atau sekitar Rp 200 miliar.

Sejauh ini Rio baru mem­­peroleh hampir 12 juta euro, yang berasal dari Per­tamina (5,2 juta euro) dan pemerintah melalui Ke­men­terian Pemuda dan Olah­raga, yang disalurkan me­lalui pintu KONI senilai Rp 100 miliar (6,6 juta euro).

Masalah lain adalah, bantuan sponsor itu pun masih dengan kondisi ter­tentu. Pertamina, misalnya, mensyaratkan Rio bisa men­dapatkan 3 juta euro da­ri pihak/sponsor lain. Be­gitu pula pemerintah. Wa­laupun dijamin akan keluar, tapi pencairannya di­jad­walkan baru di bulan Maret atau April  karena ada pro­sedur tertentu yang ber­kenaan dengan uang negara. Selain itu, ma­na­jemen Rio pun di­haruskan membuat laporan pe­lak­sanaan pe­kerjaan dan la­poran per­tang­gun­g­jawaban peng­gu­naan dana kepada KONI, dengan tembusan kepada Kemenpora paling lambat 14 hari setelah ditransfer. KONI pun akan meminta bukti pembayaran pada Manor, surat perjanjian mereka, plus surat jaminan Rio bakal turun di F1 mu­sim 2016.

Menurut ibunda Rio, Indah Pennywati, pekan ini adalah batas waktu yang diberikan kepada pihak Rio untuk menyetor uang se­besar 3 juta euro. Ma­na­jernya, Piers Hunnisett, telah berangkat ke Inggris sejak dua hari lalu untuk mendiskusikan pe­rihal ini.” Kami sudah ko­munikasi de­ngan pihak Ma­nor seb­e­lum­nya. Tapi lebih seriusnya Piers ke Inggris untuk mem­­bicarakan itu. Mudah-mu­dahan bisa ada solusi yang baik untuk Rio,” kata Indah.

Sampai saat ini belum diketahui apakah tim ma­najemen Rio sudah men­dapatkan sponsor lain u­ntuk memenuhi kebutuhan 3 juta euro tersebut. Se­dangkan kabarnya ada em­pat pebalap lain yang siap mengisi tempat Rio, yaitu Will Stevens, Alexander Rossi, Roberti Merhi, dan Jordan King.

“Ya kami akan me­nung­gu kabar dari Piers. Mung­kin besok (kemarin) sudah ada kabarnya. Tetapi kami di sini terus berusaha untuk mencari bantuan dana lain­nya,” tambah Indah. (h/dtc)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 10 Juli 2020 - 09:08:16 WIB

    Virgil Van Dijk ke Trio MSF: Kalian Sudah Mulai Malas

    Virgil Van Dijk ke Trio MSF: Kalian Sudah Mulai Malas HARIANHALUAN.COM - Bek Liverpool Virgil Van Dijk tak sungkan memarahi lini serang The Reds di laga lawan Brighton dan menyebut mereka mulai malas membantu timnya bertahan. Liverpool bermain melawan Brighton di laga matchday 3.
  • Sabtu, 04 Januari 2020 - 10:11:01 WIB

    Pisah dengan Borneo FC, Mario Gomez Resmi ke Arema FC

    Pisah dengan Borneo FC, Mario Gomez Resmi ke Arema FC MALANG, HARIANHALUAN.COM -- Arema FC mengumumkan secara resmi susunan tim kepelatihan yang akan membesut tim berjuluk Singo Edan pada musim 2020..
  • Jumat, 27 Desember 2019 - 15:37:25 WIB

    Pengurus KONI Kota Padang Panjang Periode 2019-2023 Dilantik

    Pengurus KONI Kota Padang Panjang Periode 2019-2023 Dilantik PADANG PANJANG, HARIANHALUAN.COM - Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Sumatera Barat, Syaiful melantik Kepengurus KONI Kota Padang Panjang periode 2019-2023 di Audiotorium Mifan Water Park, Kamis (26/12).
  • Rabu, 25 Desember 2019 - 13:08:21 WIB

    Mario Mandzukic Tinggalkan Juventus

    Mario Mandzukic Tinggalkan Juventus BOLA, HARIANHALUAN.COM -- Sempat santer dikaitkan dengan Manchester United, striker asal Kroasia Mario Mandzukic akhirnya resmi meninggalkan Juventus untuk gabung dengan klub Qatar, Al Duhail..
  • Senin, 25 November 2019 - 21:05:23 WIB

    Raih Juara, Warrior Inline Skate Pasbar Bikin Gempar 

    Raih Juara, Warrior Inline Skate Pasbar Bikin Gempar  PASAMAN BARAT, HARIAN HALUAN—Meskipun baru Tiga bulan berdiri, klub sepatu roda Warrior Inline Skate asal kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) patut di acungkan jempol. Sejumlah prestasi dari tingkat daerah hingga tingkat Nasio.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]