Cabang Atletik Persiapan di Tiga Tempat


Rabu, 27 Januari 2016 - 04:24:00 WIB

PADANG, HALUAN — Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Sumatera Barat menggelar persiapan atlet untuk menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 di Bandung Jawa Barat ditiga tempat yaitu Alahan Padang, Padang dan Jakarta bagi atlet yang sedang mengikuti Pelatihan Nasional (Pelatnas).

Untuk atlet yang akan turun pada nomor lari jarak jauh maka akan ditempatkan di Alahan Panjang. Hal ini untuk menyesuaikan kondisi wilayah Pengalengan yang  merupakan tempat dige­lar­nya lari jarak jauh.

“Kondisi alamnya tidak jauh berbeda dengan Alahan Panjang, sama-sama daerah yang dingin. Jadi ketika pertandingan nanti para atlet sudah bisa me­nye­suaikanya. Makanya kami memilih daerah ter­se­but,” ujar Sekum PASI Sum­bar Arfan Rosyda, kemarin.

Sementara untuk atlet nomor lainya digelar di Padang. “Jadi untuk nomor lainya didaerah manapun bisa. Sedangkan atlet yang masuk Pelatnas latihan di Jakarta. Diantranya atlet atletik Sumbar yang masuk Pelatnas adalah Yaspi Bobi dan Lusiana,”paparnya.

Meski terpisah me­ngi­ku­ti latihan, namun para atlet tersebut tetap ada yang me­ngikuti Pelatihan Pro­vinsi yang diadakan oleh KONI Sumbar. “Untuk la­tihan gabungan mungkin kami tidak akan menggelar, sebab cabang atletik tidak tim, namun perorangan. Jadi ti­dak masalah kalau la­tihan­nya terpisah,”jelasnya.

Untuk target di PON nanti cabang atletik tidak mau memasang target yang muluk-muluk. Arfan me­nga­takan lebih memilih untuk realistis dengan me­mancang target satu medali emas saja. “Walaupun se­benarnya ada peluang untuk bisa lebih dari satu medali emas, namun kami me­ma­tok satu saja dulu, mudah-mudahan nanti bisa lebih dari target yang dite­tap­kan,”ujarnya.

Untuk saat ini sendiri ada 13 atlet atletik yang sudah mengantongi tiket PON na­mun nantinya ber­ke­mung­kinan bisa ber­tam­bah. “Bisa bertambah men­jadi 20 orang yang akan berlaga di PON, hal ini ber­dasarkan pe­ring­kat. Ke­pu­tusan ter­sebut diperkirakan akan keluar pada akhir bu­lan Januari ini,” ung­kapnya lagi.

Untuk uji coba sendiri, direncanakan ke Bangka pada bulan Maret men­datang yang akan me­nga­dakan turnamen. “Jika di­ban­dingkan dengan daerah lain Sumbar jauh tertinggal. Daerah lain ada yang me­lakukan uji coba ke Cina dan Korea Selatan,”ujarnya.

Atlet Sumbar yang su­dah mengantongi tiket PON di­antaranya adalah Yaspi Bobi (100 dan 200 meter), Lusiana (100 dan 200 me­ter), M. Havis (800 meter), Bayu Trianata (5 dan 10 ribu me­ter), Emrina (lom­pat galah), M. Iqbal (da­salomba), M. Aridesman ( lompat tinggi), Rengga Husada (lompat tinggi), Hamdan (marathon), Andri Kurniawan (ma­ra­thon) dan nomor estafet 4 X 100. (h/san)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 30 Desember 2019 - 14:32:07 WIB

    Dua Cabang Olahraga Pada Porprov 2020 Bakal Digelar di Dharmasraya

    Dua Cabang Olahraga Pada Porprov 2020 Bakal Digelar di Dharmasraya DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Dua Cabang Olahraga (Cabor) sudah dipastikan digelar di Kabupaten Dharmasraya pada ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2020. Kedua cabor yang digelar pada Porprov bersama tersebut adalah Ar.
  • Rabu, 11 Oktober 2017 - 20:35:17 WIB

    Dorong Prestasi Cabang Olahraga, Koni Kabupaten Solok Gelar Coaching Clinic Pelatih

    Dorong Prestasi Cabang Olahraga, Koni Kabupaten Solok Gelar Coaching Clinic Pelatih AROSUKA, HARIANHALUAN.COM—Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kab. Solok terus berbenah dalam mempersiapkan diri menghadapi berbagai iven dan kejuaraan yang akan datang. Pembenahan itu dilakukan dengan mempersiapkan .
  • Sabtu, 24 September 2016 - 03:03:22 WIB

    Cabang Gulat Sumbang Tiga Medali Perunggu

    Cabang Gulat Sumbang  Tiga Medali Perunggu BANUNG, HALUAN — Cabang gulat berhasil meraih tiga medali perunggu pada pergelaran hari pertama Pekan Olahraga Na­sional (PON) ke XIX, Bandung, Jawa Barat, di GOR Saparua Bandung, Jumat (23/9). Pada hari pertama pertanding.
  • Rabu, 15 Juni 2016 - 02:30:08 WIB

    PPLP Sumbar Tuan Rumah Cabang Judo

    PPLP Sumbar Tuan Rumah Cabang Judo PADANG, HALUAN — Pusat Pendidikan dan Latihan P­e­lajar (PPLP) Sumatera Barat dipercaya untuk menjadi tuan rumah kejuaran antar PPLP cabang judo. Rencananya kejuaraan tersebut akan di­gelar pada tanggal 1-5 Agustus menda.
  • Rabu, 15 Juni 2016 - 02:29:41 WIB
    Bulan Puasa

    Cabang Taekwondo Fokuskan Latihan Sore

    Cabang Taekwondo Fokuskan Latihan Sore PADANG, HALUAN — Meski bulan puasa, para atlet taekwondo Sumatera Barat yang lolos ke Pekan Olahraga Nasional (PON) Bandung Jawa Barat pada bulan September mendatang tetap meng­gelar lati­han. Latihan sendiri sudah di­mu.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]