Tanpa Perda, Parkir Liar Sulit Ditertibkan


Rabu, 27 Januari 2016 - 04:29:48 WIB

PADANG, HALUAN — Parkir sembara­ngan atau liar di pinggir jalan di Kota Padang sudah sering dikeluhkan oleh masyarakat, utamanya mulai dari pusat kota hingga ke kawasan Bypass.

Meskipun sudah berulang kali diter­tibkan oleh petugas Dinas Perhubungan, tetapi tidak menimbulkan efek jera bagi pemilik kendaraan. Pasalnya, Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Walikota (Perwako) belum ada.

Pantauan Haluan di beberapa ruas jalan kemarin (26/1), ditemukan parkir pinggir jalan masih marak. Misalnya di kawasan Jati Jalan Perintis Kemerdekaan dan Khatib Sulaiman.

Salah seorang pengguna jalan Andri (23 tahun) mengaku kesal ketika melewati jalan Khatib Sulaiman. Banyak mobil mewah yang parkir sembarangan di pinggir jalan.

“Parahnya lagi mobil tersebut parkir di depan kantor-kantor pemerintah,” kesal­nya.

Hal serupa juga dikatakan oleh Anto warga By Pass Kuranji. Menurutnya di sepanjang Jalan Bypass yang masih dalam proses pengerjaan, tidak diperbolehkan truk parkir.

Selain ruas jalan yang sempit truk yang parkir itu bisa memicu kecelakaan lalu lintas. Ia meminta Pemko Padang bisa menertibkan truk yang bermuatan.

“Sudahlahlan jalan sempit, berdebu ditambah pula dengan truk parkir semba­rangan. Namanya truk, bermuatan dan besar jelas saja mengambil sebagian ruas jalan,”terangnya.

Kepala bidang Operasional Dishub­kominfo Kota Padang Ery Surya Jaya kemarin (26/1) mengatakan pihaknya tidak bisa berbuat banyak, sehingga pelanggaran yang dilakukan masyarakat tidak memiliki efek jera.

“Karena sanksi yang diberikan masih berupa teguran, derek serta uji keur. Sedangkan sanksi yang lebih tegas seperti membayar denda belum berjalan. Selama belum ada denda, sanksi yang diberikan tidak akan menimbulkan efek jera.

“Kalau ada Perda dan diperkuat oleh Perwako kita akan ‘bagak’. Denda dan sanksi yang tegas akan menunggu tanpa ada penawaran. Kalau sekarang ini baru sebatas penertiban saja yang kita lakukan. Ya, jadinya efek jeranya tidak seberapa­lah,” tutup Ery.(h/ows)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 08 April 2020 - 12:22:49 WIB

    Butuh Hand Sanitizer Tanpa Bahan Berbahaya? di Sini Tempatnya

    Butuh Hand Sanitizer Tanpa Bahan Berbahaya? di Sini Tempatnya PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Berkembangnya virus corona atau Covid-19 saat ini, membuat hand sanitizer hingga masker diburu masyarakat. Akibatnya stok barang tersebut langka di pasaran. Nah, bagi Anda yang sedang membutuhkan.
  • Jumat, 03 April 2020 - 20:04:24 WIB

    Keren! Cegah Corona, Staf PNP Ciptakan Alat Tempat Cuci Tangan Tanpa Sentuh Kran Air

    Keren! Cegah Corona, Staf PNP Ciptakan Alat Tempat Cuci Tangan Tanpa Sentuh Kran Air PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Banyak cara dilakukan masyarakat saat sekarang ini demi terhindar dari infeksi virus corona. Salah satunya dengan cara rajin mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer. Namun, di tengah-tengah a.
  • Kamis, 28 Desember 2017 - 08:59:09 WIB

    7 Fraksi Tolak Perda Kawasan Tanpa Rokok di Padang

    7 Fraksi Tolak Perda Kawasan Tanpa Rokok di Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM---- Sidang Paripurna DPRD Kota Padang Revisi Peraturan Daerah (Perda) Kota Padang tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR),  tidak mencapai keputusan..
  • Kamis, 23 November 2017 - 09:23:52 WIB

    Revisi Perda Kawasan Tanpa Rokok Akan Disahkan

    Revisi Perda Kawasan Tanpa Rokok Akan Disahkan PADANG, HARIANHALUAN.COM - Panitia Khusus (Pansus) Revisi Perda Kawasan Tanpa Rokok (KTR) DPRD Padang berencana segera memaripurnakan revisi Perda KTR dalam waktu dekat. Pembahasan dan pengesahan revisi perda itu akan diseles.
  • Sabtu, 10 Juni 2017 - 15:04:04 WIB

    Miris! Masih Ada Rumah Warga Padang Tanpa Listrik

    PADANG, HALUAN - Tanpa listrik, tanpa sanitasi, sempit dan dijubeli pula oleh tumpukan barang rongsokan. Begitulah kondisi rumah Ali Munar (50), warga Kampung Tanjung, Kelurahan Gunung Pangilun, Kecamatan Padang Utara yang di.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]